Penyebab Gigi Tonggos Ternyata Bukan dari Faktor Keturunan Saja

penyebab gigi tonggos
Ilustrasi gigi tonggos. Foto: Istimewa

Penyebab gigi tonggos tidak hanya dari faktor keturunan saja, tetapi juga bisa timbul dari hal lain. Tidak bisa dipungkiri, memiliki gigi tonggos akan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi menurun. Tampak gigi depan yang maju dan besar, tentu saja wajah terlihat kurang menawan.

Bahkan gigi tonggos juga bisa mengubah bentuk wajah seseorang dan membuat mulut begitu sulit mengatup rapat. Untuk Anda yang belum tahu, gigi tonggos juga dikenal dengan istilah overbite atau maloklusi.

Kondisi mulut tak biasa ini terjadi akibat posisi gigi atas yang lebih maju dan besar dibandingkan posisi gigi bawah. Jika beda jarak antara deret gigi bawah dan gigi atas tidak terlalu kentara, maka gigi masih dikatakan normal. Akan berbeda jika jarak antara deret gigi atas dan deretan gigi bawah lebih dari 2 mm.

Sebelum membahas penyebab gigi tonggos, baiknya ketahui dulu tolak ukur seseorang dikatakan memiliki gigi tonggos.

  • Pada saat ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran biasanya, meskipun kondisi dan ukuran rahang bawah masih normal.
  • Ukuran rahang atas masih normal, namun rahang bawah berukuran lebih kecil dari kondisi biasanya.
  • Rahang atas berukuran lebih besar dari normalnya.
  • Ukuran rahang bawah jauh lebih kecil dari normalnya.

Penyebab gigi tonggos sering kali dikaitkan dengan faktor genetik atau keturunan. Pada dasarnya bentuk rahang serta struktur wajah manusia memang warisan turunan dari generasi sebelumnya. Jadi, saat nenek, kakek atau orang tua Anda memiliki gigi tonggos, tidak menutup kemungkinan jika Anda pun juga akan mengalami hal yang sama.

Penyebab Gigi Tonggos di Luar Faktor Keturunan

Selain faktor genetik, rupanya masih ada beberapa faktor lainnya yang kemungkinan bisa memicu posisi gigi Anda berubah. Sebagian besarnya diakibatkan oleh kebiasaan hari-hari yang bisa mengubah bentuk dan struktur rahang.

Lantas, sudahkah Anda mengetahui apa saja penyebab gigi tonggos dan tampak begitu maju serta berbeda dari yang lain? Lalu, apakah kondisi ini masih bisa diperbaiki? Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan memaparkan semua jawaban yang Anda cari tersebut. Yuk, simak detail informasinya!

Mengisap jempol

Salah satu penyebab gigi tonggos ialah karena sering mengisap jempol. Kebiasaan seperti ini menjadi insting yang biasanya selalu dilakukan anak kecil karena sudah tidak lagi mengisap putih susu ibu atau tidak menyusui lagi.

Mengisap jempol dalam waktu yang lama dan dilakukan dengan intensitas tinggi berpotensi menekan deretan gigi depan dan membuat gigi menjadi lebih maju. Maka dari itu, sebagai orang tua yang baik Anda wajib menghindari kebiasaan buruk ini pada anak agar kondisi gigi dan struktur rahang anak tetap bagus.

Mengisap dot

Tidak hanya mengisap jempol, mengisap dot atau empeng juga menjadi salah satu faktor penyebab gigi tonggos. Dalam sebuah penelitian juga dijelaskan jika anak yang suka mengisap dot atau empeng posisinya lebih maju dengan cepat dibandingkan anak yang tidak mengisap dot.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam sebuah Journal of American Dental Association di tahun 2016. Anda masih tetap bisa memberikan dot atau empeng pada buah hati, hanya saja pastikan hal ini tidak berlangsung dalam waktu lama.

Gangguan pada gigi dan tulang rahang

Gangguan pada gigi dan tulang rahang juga menjadi faktor penyebab gigi tonggos lain yang harus Anda waspadai. Gigi renggang dan berantakan akan membuat tampilan gigi atas lebih maju. Tidak hanya itu saja, hal serupa juga akan terjadi jika deretan gigi di bagian atas ada yang bolong atau ompong.

Penyebab gigi tonggos juga terjadi karena ruang gigi tumbuh tidak mencukupi. Gigi yang tumbuh tidak pada posisinya akan membuat tulang rahang dan struktur gigi rusak. Beberapa gangguan pada gigi ini masih bisa diatasi dengan sedikit penanganan dokter.

Tumor di mulut

Tumor di mulut merupakan kondisi yang tidak hanya membahayakan kesehatan saja, namun juga bisa mengubah posisi gigi seseorang. Adanya pertumbuhan lunak atau jaringan tulang abnormal pada mulut atau rahang akan membuat posisi gigi bergeser ke depan. Hasilnya gigi menjadi tonggos. Untuk itu, Anda harus mewaspadai penyebab gigi tonggos.