Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Penyebab Lampu Motor Sering Putus
Ilustrasi lampu motor. Foto: Istimewa

Penyebab lampu motor sering putus perlu diketahui sejak awal agar memudahkan dalam memperbaikinya. Sebagai media penerangan, lampu tentu saja menjadi kebutuhan utama pada setiap kendaraan, termasuk sepeda motor.

Bukan hanya untuk menerangi jalan saat malam hari saja, penggunaan lampu juga masuk ke dalam peraturan lalu lintas. Tak sedikit pengguna sepeda motor yang terkena tilang polisi karena tidak menyalakan lampu kendaraannya.

Jika anda mau keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, anda harus selalu memperhatikan kondisi lampu motor anda. Jangan sampai lampu motor mendadak putus sehingga mengganggu perjalanan anda.

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan lampu motor putus meski sudah menggantinya dengan yang baru. Berikut beberapa penyebabnya.

Bukan Lampu Asli Pabrikan

Salah satu hal yang menyebabkan lampu motor sering putus yaitu menggunakan lampu yang bukan asli pabrikan. Hal ini seringkali dilakukan oleh pengendara sepeda motor yang bosan dengan model lampu original pabrikan.

Seperti yang diketahui, lampu pabrikan menampilkan model standar sehingga tak sedikit pengendara motor yang menggunakan lampu variasi. Hal ini boleh saja asalkan memperhatikan ukuran watt lampu tersebut.

Jangan memaksa memasang lampu dengan ukuran watt berlebih yang tak sesuai dengan motor anda karena bisa membuatnya lebih mudah putus.

Kabel yang Korslet

Penyebab lampu motor sering putus lainnya yaitu ada kabel yang korslet, terutama yang mengarah ke lampu. Maka jangan heran jika lampu motor anda lebih cepat putus.

Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, pastikan anda juga memperhatikan kabelnya saat memasang lampu yang baru.

Kiprok Rusak

Lampu motor yang cepat putus juga bisa disebabkan dari kiprok yang rusak. Perlu untuk anda ketahui bahwa kiprok yang rusak bisa mengganggu proses pengisiannya.

Secara otomatis hal tersebut akan membuat tingkat kelistrikan yang menuju ke arah bohlam menjadi berlebih. Jika tetap dibiarkan, lampu motor anda akan mudah putus.

Terkena Air

Hal lain yang juga bisa membuat lampu motor cepat putus yaitu terkena air. Air bisa masuk ke dalam reflektor saat bagian ini rusak atau berlubang.

Selain itu, lampu motor juga bisa terkena air karena menggunakan dudukan lampu (fitting) yang tak dilengkapi dengan karet pelindung.

Mengenai tandanya, lampu motor yang putus karena air memunculkan warna kehijauan. Jika anda mengetahui tanda tersebut, segera perbaiki komponen lampu ini.

Soket Rusak

Jika anda pernah mengganti soket lampu menggunakan aftermarket, bisa jadi penyebab lampu motor sering putus dikarenakan soketnya yang rusak.

Kemungkinan hal tersebut terjadi karena pemasangan kabel-kabel soketnya yang tidak rapi. Hal ini tentunya menyebabkan kabel korslet sehingga lampu putus.

Overcharge

Overcharge dalam mengisi arus listrik yang berlebihan ke aki bisa membuat lampu motor cepat putus. Hal ini dikarenakan ketika motor digas sampai batas maksimalnya, pengisiannya tak boleh lebih dari 14,5. Namun ada juga tipe yang 15,5.

Apabila pengisiannya lebih dari 15,5, maka sudah termasuk overcharge. Dalam kondisi ini, tak hanya lampu motor yang putus, melainkan juga aki yang menjadi panas berlebih.

Adapun hal yang menyebabkan overcharge yaitu jalur pengisiannya yang bermasalah. Bisa karena kiprok, spul, ataupun aki yang rusak.

Sistem AHO (Automatic Headlight On)

Penyebab lampu motor sering putus lainnya yaitu penerapan AHO (Automatic Headlight On). Sistem ini seringkali ditemukan di motor keluaran terbaru. Tanpa adanya saklar On/Off, lampu depannya bisa menyala ketika motor dihidupkan.

Dengan alasan tersebut, sistem ini bisa membuat usia pakai lampu menjadi cepat berkurang. Lampu bohlam motor anda pun bisa lebih mudah putus.

Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus

Setelah anda mengetahui penyebab lampu motor sering putus, ada baiknya anda ketahui cara mengatasinya. Adapun salah satu caranya ialah dengan menggantinya dengan lampu original pabrikan yang berkualitas.

Perlu untuk anda ketahui bahwa lampu yang asli pabrikan memiliki kualitas cahaya yang lebih terang. Selain itu, lampu tersebut juga lebih tahan lama.

Selain menggantinya dengan lampu baru, anda juga bisa mengganti kiprok, dudukan lampu, spul dan membersihkan soket yang kotor.

Anda bisa lebih mudah dalam memperbaikinya apabila tahu dulu apa penyebab lampu motor sering putus tersebut. Tanpa harus membawanya ke bengkel, anda sudah bisa memperbaikinya sendiri. (R10/HR-Online)

Loading...