Perbedaan Busi Palsu dan Asli Segala Merk yang Harus Anda Kenali

perbedaan busi palsu dan asli
Ilustrasi Busi. Foto: Istimewa

Perbedaan busi palsu dan asli tak kalah penting untuk diketahui agar bisa berkendara secara aman dan nyaman, baik itu menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Selain oli, busi juga banyak dipalsukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Padahal komponen yang satu ini berperan penting sebagai pemercik api dalam proses pembakaran pada mesin.

Bagi orang awam, tentu saja merasa kesulitan dalam membedakan busi palsu dan asli. Meski sulit, bukan berarti keduanya tak bisa dibedakan sama sekali.

Perbedaan Busi Palsu dan Asli

Jika anda juga mengalami kesulitan dalam membedakan busi palsu dan asli, anda simak saja ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Gasket pada Busi

Gasket atau ring pada busi bisa dicermati untuk membedakan busi palsu dan asli. Busi asli umumnya memiliki gasket yang lebih halus dan tak mudah dilepas meski diputar mengikuti alurnya.

Sementara busi palsu, gasketnya terlihat tak rapi karena ada bekas potongan. Selain itu, gasketnya juga mudah dilepas.

Konstruksi Elektroda

Perbedaan busi palsu dan asli juga bisa anda ketahui dari konstruksi elektroda. Busi asli memiliki konstruksi elektroda yang beraturan.

Misalnya, busi NGK Platinum asli yang bentuknya trapesium dan NGK Iridium yang runcing. Bahan busi segala merk umumnya juga dibuat dari nikel, platinum, atau iridium.

Berbeda dengan busi palsu, bentuk konstruksi elektrodanya tidak beraturan. Selain itu, bahannya juga hanya menggunakan besi biasa.

Tulisan pada Insulator

Hal lainnya yang juga bisa anda perhatikan dalam membedakan busi palsu dan asli yaitu tulisan pada insulatornya. Busi palsu tentu saja memiliki tulisan pada insulator yang hanya berupa tempelan sehingga tak rapi.

Plating Metal Shell

Plating metal shell yang ada pada busi bisa anda perhatikan dalam membedakan busi palsu dan asli. Jika busi asli, plating metal shell menggunakan material baja yang kuat dan tak berkarat.

Berbeda dengan busi palsu, dimana plating metal shell biasanya mudah berkarat. Bahkan saat busi baru dibuka dari kardusnya sudah ada titik karat yang terlihat.

Nomor Produksi Busi

Nomor produksi busi juga menjadi poin perbedaan busi palsu dan asli yang perlu anda perhatikan. Busi asli pastinya dilengkapi dengan nomor produksi.

Lain halnya dengan busi palsu yang sebagian besar buatan rumahan sehingga tak dibekali dengan nomor produksinya.

Keramik Sebagai Isolator

Pada umumnya busi dilengkapi dengan keramik yang berfungsi sebagai isolator. Jika busi palsu, warna keramik tersebut tak terlalu cerah.

Sementara keramik pada busi asli biasanya berwarna tidak cerah dan sedikit doft. Pastikan anda perhatikan warna keramik busi sebelum membelinya.

Kode Busi

Perbedaan busi palsu dan asli lainnya yaitu sektor kodenya. Kode yang ada di busi palsu cenderung tak rapi dan tulisannya lebih hitam.

Di lain sisi, busi asli memiliki kode dengan font yang lebih teratur. Selain itu, tulisannya juga tak dicetak tebal dengan warna hitam.

Ulir atau Drat

Ulir atau yang juga dikenal dengan sebutan drat pada busi asli terlihat lebih rapi dan halus. Berbeda dengan ulir yang ada di busi palsu yang kasar dan tak beraturan.

Dalam membelinya pun, pastikan anda lebih cermat saat memilih. Alangkah baiknya jika anda meminta penjual untuk memperlihatkan beberapa merk busi sekaligus agar anda mudah dalam membandingkannya.

Terminal Nut

Perbedaan busi palsu dan asli juga bisa anda lihat dari terminal nut. Terminal nut merupakan bagian yang bersinggungan dengan kepala busi atau cop.

Pada busi palsu, terminal nut cenderung acak-acakan. Dari tampilannya saja, anda bisa tahu mana busi yang asli dan mana yang palsu.

Resiko Memakai Busi Palsu

Ada banyak ancaman bahaya yang menyerang kendaraan anda apabila menggunakan busi palsu. Adapun salah satunya yaitu boros bahan bakar.

Perlu untuk anda ketahui, penggunaan busi palsu bisa membuat proses pembakaran di mesinnya menjadi kurang optimal.

Selain boros bahan bakar, hal tersebut juga menyebabkan kompresinya bocor dan tarikan kendaraan akan terasa berat.

Pastikan anda mencermati beberapa poin perbedaan busi palsu dan asli di atas agar bisa terhindar dari kerugian yang ditimbulkan akibat pemakaian busi palsu. (R10/HR-Online)

Loading...
Loading...