Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruPerhatikan Ini Saat Anda Ingin Investasi Lahan Kosong!

Perhatikan Ini Saat Anda Ingin Investasi Lahan Kosong!

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi lahan kosong sebaiknya Anda mencari tahu dulu cara memilih lahan kosong sebagai investasi. Hal ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi yang satu ini.

Saat ini memang banyak orang yang tertarik untuk menjalankan investasi di lahan kosong karena dianggap sangat menguntungkan di masa depan. Pertumbuhan properti yang terus meningkat membuat permintaan tanah juga ikut meningkat.

Karena itulah, harga lahan kosong setiap tahunnya akan terus naik secara signifikan. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi lahan ini, simak tips berikut!

Periksa Legalitas Tanah

Legalitas tanah menjadi salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum menjalankan investasi lahan kosong. Tanah yang akan Anda beli harus bebas dari segala sengketa.

Salah satu tanda legalitas sebuah tanah adalah adanya sertifikat hak milik yang tertera nama pemilik yang sah. Anda dapat minta bantuan pihak notaris untuk memeriksa legalitas dan kelengkapan dokumen tanah-tanah yang hendak Anda beli untuk dijadikan investasi tersebut.

Anda juga harus memastikan lahan yang akan dibeli tidak berpenghuni alias telah benar-benar kosong dan tidak digunakan untuk kegiatan apapun. Hal ini harus diperhatikan agar Anda terlepas dari berbagai macam konflik yang timbul akibat perebutan hak atas lahan tersebut di kemudian hari.

Jaga Keamanan Lokasi Lahan

Saat Anda ingin investasi lahan kosong, Anda harus memastikan keamanan lahan yang belum dikembangkan secara langsung. Caranya Anda dapat memagari lahan kosong tersebut.

Dengan memberi batas-batas dengan menggunakan pagar, Anda dapat mengamankan lahan tersebut dari okupasi atau penyerobotan yang bisa saja dilakukan oleh pihak-pihak lain.

Pilih Kawasan yang Memiliki Prospek yang Baik

Investasi lahan kosong agar tak merugi, Anda harus memilih lahan di kawasan yang memiliki prospek yang baik merupakan satu dari beberapa kiat memilih lahan kosong sebagai investasi yang harus Anda coba.

Dengan memilih lahan kosong yang terletak di kawasan yang strategis dan berprospek baik,seperti misalnya di pusat kota dan juga tepi jalan raya, Anda akan mudah menyewakan lahan tersebut sehingga Anda mendapatkan pemasukan atau income.

Lahan yang terletak di kawasan yang strategis dapat disewakan untuk kafe, pompa bensin, ataupun ruko. Bahkan apabila lahan yang Anda beli luasnya mencapai 2-3 kektare, Anda dapat menyewakannya untuk lahan parkir ataupun pool taksi.

Pilih Lahan yang Lokasinya Strategis         

Dalam melakukan investasi lahan kosong, Anda dapat memilih lokasi strategis yang berada di jalan utama pusat kota atau di sepanjang jalan menuju lingkungan perumahan mewah. Biasanya lokasi tersebut bisa berkembang sebagai kawasan bisnis.

Harga tanah di lokasi ini pada umumnya memiliki harga yang konstan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, penggunaan lahan yang terdapat di lokasi tersebut juga dapat dilakukan secara optimal. Memilih lahan yang ada di lokasi yang strategis menjadi salah satu cara memilih lahan kosong sebagai investasi yang paling menguntungkan.

Perhatikan Kondisi Tanah

Kondisi tanah yang dimaksud di sini adalah lebih kepada bentuk tanah. Sebaiknya Anda memilih tanah yang berbentuk persegi, persegi panjang, atau trapesium karena biasanya banyak orang yang berminat untuk memiliki tanah semacam itu untuk membangun rumah ataupun pertokoan.

Saat Anda ingin investasi lahan kosong ini, Anda harus memperhatikan hal ini sebab nantinya dapat berpengaruh pada minat atau permintaan pasar. Jangan sampai Anda menyepelekan hal ini sebab tujuan dari investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Anda juga harus memperhatikan kontur tanah. Sebab rata-rata orang hanya berminat pada tanah yang datar. Jadi, hindari memilih tanah yang miring karena tidak akan diminati dan sangat beresiko mengalami longsor.

Perhatikan Harga Tanah yang Akan Dibeli

Anda harus mempertimbangkan harga tanah yang akan dibeli. Sebab kalau harga tanah yang akan dibeli terlalu mahal dan tidak sesuai dengan harga jual nantinya maka keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi lahan kosong ini sangatlah kecil atau bahkan justru akan rugi.

Untuk itu, sebaiknya Anda membeli tanah yang harganya masuk akal sehingga tidak akan merugi di kemudian hari.

Nilai Jual Kembali

Nilai keuntungan investasi yang akan Anda terima tergantung pada nilai jual tanah tersebut. Harga jual tanah akan semakin mahal jika tempo waktunya semakin lama.

Oleh sebab itu, Anda harus menahan diri untuk segera menjual tanah tersebut. Tunggu beberapa waktu sampai harga tanah mengalami kenaikan yang signifikan agar nantinya Anda mendapat banyak keuntungan.

Baca Juga: Kenali 5 Risiko Investasi Apartemen untuk Mencegah Kerugian

Demikianlah beberapa cara memilih lahan kosong sebagai investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin segera memulai investasi lahan kosong. (R11/HR-Online)