Pesan Bupati Ciamis untuk Pelajar di Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berpesan kepada pelajar di Ciamis baik SMP, SMA/SMK.

para pelajar Ciamis tersebut diimbau agar tetap menjaga persatuan dan memperkokoh persahabatan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Peringatan Hari ini harus menjadi salah satu media untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Herdiat saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Ciamis di Taman Lokasana, Selasa, (1/10/2019).

Kata dia, momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan bisa menjadikan situasi Indonesia lebih kondusif lagi. Mengingat saat ini kondisi kurang kondusif dan kurang nyaman.

Diharapkan semua pihak bisa menahan diri demi keutuhan NKRI, termasuk para pelajar.

Kata Herdiat, pelajar tugasnya adalah belajar, sehingga jangan terpancing oleh hal-hal yang dapat membahayakan.

“Nah tugas orang tua, termasuk pemerintah adalah menjaga dan mendampingi anak-anak, untuk mencapai cita-cita masa depan, sebagai generasi penerus untuk memajukan bangsa,” ucapnya.

Di sela-sela kegiatan upacara, dibacakan Ikrar, komitmen bersama untuk membulatkan tekad mempertahankan nilai pancasila, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila oleh seluruh masyarakat.

Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Tentu dalam kehidupan sehari-hari kita harus menerapkan nilai-nilai Pancasila supaya timbul rasa nasionalisme di setiap orang,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)