PKL SMKN 1 Padaherang Pangandaran Dibiayai Dana BOS Pusat

siswa PKL SMKN 1 Padaherang
Siswa SMKN 1 Padaherang saat melaksanakan PKL di salah satu perusahaan. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- PKL SMKN 1 Padaherang Kabupaten Pangandaran diikuti oleh ratusan siswa yang berlokasi di sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Pelaksanaan PKL yang berlangsung selama 6 bulan ini dibiayai oleh Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) dari Pemerintah Pusat.

Kepala SMKN 1 Padaherang, Oo Kosidin, mengatakan, sebanyak 574 peserta PKL SMKN 1 Padaherang dari 8 kompetensi keahlian di sekolahnya tersebut menjalani proses pembelajaran di luar sekolah ini tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia, bahkan sampai ke daerah Kalimantan, Lombok dan daerah-daerah yang ada di Jawa.

“Setiap sekolah pelaksanaan PKL-nya itu beda-beda waktunya. Kalau di kita pada bulan ini terakhir setelah hampir 6 bulan para siswa mengikuti PKL. Kita menggunakan dana BOS dari Pusat meski sangat minim anggarannya,” kata Oo kepada Koran HR, Senin (7/10/2019).

Oo menambahkan, siswa yang melaksanakan PKL di luar Jawa di antaranya berasal dari jurusan Geologi dan Pertambangan. Kendati hampir semuanya jauh dari lingkungan sekolah, namun kontrol dari sekolah tetap berlangsung melalui modul pembelajaran secara online harus bisa diselesaikan oleh siswa. 

“PKL ini tentu saja menjadi bekal mereka ketika nanti sudah masuk di dunia kerja yang nyata setelah selesai sekolah. Sehingga dengan ini mereka bisa beradaptasi langsung dengan kondisi yang ada di lapangan,” pungkasnya.

Oo berharap, para siswa lulusan SMKN 1 Padaherang bisa menjadi tenaga yang professional sesuai dengan jurusan yang diambil saat masih sekolah. (Ntang/Koran HR)