Selama Kemarau, Polres Ciamis Salurkan Bantuan Air Bersih

Selama Kemarau, Polres Ciamis Salurkan Bantuan Air Bersih
Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso saat diwawancara awak media usai silaturahmi dengan insan pers di RM Mergosari Bolenglang, Ciamis, Selasa (8/10/2019).*Foto:Jujang/"HR"

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).-
Selama musim kemarau, Kepolisian Resort (Polres) Ciamis akan terus menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Ciamis yang kesulitan air bersih.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso menyampaikan, bantuan air bersih ini merupakan bentuk kepedulian Polres Ciamis terhadap warga Ciamis yang membutuhkan air.

“Sejak kemarau beberapa bulan lalu, Polres Ciamis telah menyalurkan bantuan air bersih, kerjasama dengan PDAM dan BPBD Ciamis,” ucapnya seusai kegiatan silaturahmi bersama insan pers di RM Mergosari Bolenglang Ciamis Selasa (8/10/2019).

Bismo menyebut, hampir tiap hari menyalurkan bantuan air bersih ke daerah-daerah yang sudah kekurangan air dengan melibatkan Polsek setempat.

“Sudah kesekian kalinya, tidak tahu berapa ribu liter air sudah kita salurkan kepada masyarakat Ciamis, mudah-mudahan masyarakat terbantu,” katanya.

Selain di wilayah Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis juga salurkan air bersih di Kabupaten Pangandaran.

“Karena masih di bawah Polres Ciamis, bantuan ini harus merata,” ucapnya

Pihaknya pun mengajak kepada masyarakat agar menggunakan air sebijak mungkin di musim kemarau ini.

“Gunakan air secukupnya, jangan dihamburkan. Mudah-mudahan secepatnya turun hujan sehingga kebutuhan air bersih untuk masyarakat terpenuhi,” ucapnya.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani mengatakan, kesulitan air bersih melanda hampir semua wilayah di Kabupaten Ciamis. Berdasarkan data dari BPBD Ciamis, ada 11 kecamatan, 23 desa dan 53 dusun mengalami kekurangan air bersih.

Sementara jumlah warga terdampak sebanyak 8.538 kepala keluarga atau 25.339 jiwa.

“Jumlah bantuan air bersih yang disalurkan sudah mencapai ratusan ribu liter. Distribusi bantuan air bersih setiap hari sebanyak 18.000 liter,” ujarnya.(Jujang/R8/HR Online)***