Posisi Tubuh Saat Mengendarai Motor yang Nyaman dan Benar, Anda Wajib Tahu

Posisi Tubuh Saat Mengendarai Motor
Pengendara sepeda motor. Foto: Istimewa

Posisi tubuh saat mengendarai motor harus diperhatikan oleh setiap pengendara. Pastikan posisinya benar agar anda merasa nyaman selama berkendara.

Perlu untuk anda ketahui bahwa posisi tubuh yang nyaman saat mengendarai motor bisa membuat anda lebih fokus dan stabil.

Tak hanya itu, berkendara motor dengan posisi tubuh yang baik juga bisa menghindarkan diri anda dari resiko gangguan kesehatan yang berkaitan dengan tulang, terutama tulang belakang.

Posisi Tubuh Saat Mengendarai Motor

Sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari posisi berkendara motor yang baik. Karena banyak manfaat, maka pastikan anda tahu bagaimana posisinya. Berikut ulasannya.

Posisi Duduk

Salah satu posisi tubuh yang ideal saat berkendara sepeda motor yaitu memperhatikan posisi duduknya. Pastikan anda tidak duduk terlalu di depan atau belakang.

Selain mengganggu keseimbangan, posisi duduk yang terlalu di depan atau belakang juga bisa menyulitkan anda dalam menggerakkan lengan dan kaki, seperti saat tarik gas dan injak rem.

Pinggul Berada Tepat di Atas Jok

Posisi tubuh saat mengendarai motor yang nyaman lainnya yaitu menempatkan pinggul tepat di atas jok. Sebelum berkendara, anda bisa berdiri dulu dan kemudian duduk dengan mencari posisi di jok yang paling nyaman.

Dengan posisi duduk yang nyaman, maka anda tak akan mudah lelah selama berkendara. Selain itu, anda juga bisa terbantu saat menyeimbangkan posisi sepeda motor.

Lutut Rapat Ke Depan

Jangan lupa juga untuk memperhatikan posisi lutut anda. Pastikan anda memposisikan lutut secara rapat ke arah depan.

Posisi lutut tersebut bisa melindungi badan dari berbagai hal yang tak diinginkan. Selain itu, anda juga bisa lebih mudah dalam menyeimbangkan sepeda motor.

Perlu untuk anda ketahui bahwa posisi lutut ini termasuk salah satu posisi standar keselamatan yang menjadi bagian dari safety riding.

Telapak Kaki Lurus pada Injakan

Posisi telapak kaki yang lurus pada footstep juga termasuk salah satu posisi tubuh saat mengendarai motor yang tak boleh anda lewatkan.

Dalam hal ini, pastikan jari kaki anda tetap menghadap ke depan dengan posisi telapak kakinya agak horizontal. Posisi siaga ini bisa memudahkan anda saat ingin rem mendadak.

Genggam Tuas Stang Dengan Semua Jari

Dengan menggunakan semua jari, maka memegang tuas stang akan lebih maksimal. Anda pun bisa lebih nyaman selama berkendara.

Jangan gunakan kurang dari 4 jari dalam menggenggam tuas stang, baik itu tuas gas maupun tuas rem. Memaksimalkan penggunaan jari ini termasuk salah satu standar keamanan dalam berkendara yang tak boleh disepelekan.

Lengan Jangan Terlalu Lurus

Posisi tubuh yang baik selanjutnya yaitu memperhatikan posisi lengan. Pastikan posisi lengan jangan terlalu lurus.

Pegang stang dengan posisi lengan yang memiliki jarak tertentu. Dengan demikian, siku masih memiliki tekukan. Jika terlalu lurus tanpa ada tekukan, maka tangan anda akan mudah lelah.

Kondisi tangan yang lelah akan sangat berbahaya jika digunakan untuk mengerem dan memakai kopling. Dengan adanya tekukan di siku, anda juga bisa mengendarai motor secara mudah.

Pandangan Melihat Jauh Ke Depan

Mengenai pandangan mata, pastikan anda melihat jauh ke depan. Dengan demikian, anda bisa melihat keadaan sekitar yang akan anda tuju.

Pastikan pandangan anda fokus dan terus berkonsentrasi pada arah tujuan. Jika tidak, maka akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tubuh Tegak dan Rileks

Posisi tubuh saat mengendarai motor juga harus tegak dan rileks. Hal ini bisa membuat anda tak mudah lelah selama berkendara.

Anda bisa bayangkan sendiri jika posisi tubuh membungkuk, pastinya anda akan merasa lelah dan pegal. Bahkan untuk perjalanan dalam jarak dekat sekalipun.

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa posisi tubuh yang tegak dan rileks juga bisa memudahkan anda dalam menyeimbangkan laju sepeda motor.

Posisi tubuh yang tegak dan rileks adalah posisi terbaik untuk handling motor. Melewati belokan dan bermanuver bisa dilakukan secara mudah dengan posisi ini.

Pastikan anda memperhatikan posisi tubuh saat mengendarai motor yang nyaman dan benar. Manfaatnya tak hanya bisa anda rasakan sendiri, melainkan juga pengendara lain. (R10/HR-Online)

Loading...