Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita PangandaranPuskesmas Langkaplancar Pangandaran Latih Dokter Cilik Tingkat SD/MI

Puskesmas Langkaplancar Pangandaran Latih Dokter Cilik Tingkat SD/MI

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Puskesmas Langkaplancar memberikan pelatihan dokter kecil (Dokcil) kepada siswa SD/MI yang ada di wilayah kecamatan Langkaplancar,  Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pelatihan Dokcil di Puskesmas langkaplancar akan dilaksanakan selama dua hari mulai, Rabu (9/10/2019) sampai Kamis (10/10/2019) besok.

Kepala UPTD Puskesmas Langkaplancar, Yana Taryana mengatakan, pelatihan Dokcil adalah bagian dari program kesehatan. Tujuannya agar para peserta mampu melaksanakan Usaha Pelayanan Kesehatan (UKS) kepada dirinya sendiri, keluarga dan teman di sekolahnya. 

“Pelatihan Dokcil kali ini diikuti oleh 58 siswa dari 29 SD/MI, setiap sekolah mengirim 2 orang perwakilan, laki-laki 1 dan perempuan 1yang sudah dipilih oleh guru di sekolah masing-masing, yakni murid kelas 4 dan kelas 5,” ucapnya.

Tujuan diadakannya program Dokcil adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang UKS dan diharapkan mampu menjadi contoh bagi teman-temannya terkait cara hidup sehat.

Lebih lanjut Yana mengatakan, peserta Dokcil diberikan materi dan pokok bahasan yang beragam, diantaranya, UKS, PPPK, kesehatan gigi dan mulut dan  tentunya cara hidup bersih dan sehat.

“Setelah pelatihan Dokcil diharapkan mereka bisa berperilaku hidup sehat dan menjadi contoh untuk anak lainnya si sekolahnya masing-masing,” kata Yana.

Dari pantauan HR Online, agar peserta Dokcil tidak merasa jenuh saat menerima materi, kegiatan pelatihan Dokcil di Pukskesmas Langkaplancar ini diselingin dengan hiburan. (Enceng/R7/HR-Online)

- Advertisment -