Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita PangandaranRibuan Warga Kalipucang Pangandaran Gelar Salat Minta Hujan

Ribuan Warga Kalipucang Pangandaran Gelar Salat Minta Hujan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Ribuan warga dari sembilan desa yang ada di kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran, menggelar salat Istisqo atau salat minta hujan di lapang sepakbola Kalipucang, Jum’at (11/10/2019) siang.

Salat yang bertujuan minta segera diturunkan hujan ini digelar setelah salat Jum’at. Ribuan warga Salat Istisqo dengan khidmat.

Camat Kalipucang, Nana Sukarna, mengatakan, saat ini kemarau yang sudah melanda selama 7 bukan ini membuat warga di lingkungan kecamatan Kalipucang kekurangan air.

“Padahal air tersebut amat dibutuhkan warga untuk kebutuhan sehari-hari, sementara sumur-sumur milik warga saat ini sudah kering kerontang,” kata Nana kepada HR Online, Jum’at (11/10/2019).

Kesulitan air lantaran kemarau panjang tersebut, kata Nana, merata di hampir semua desa yang ada di Kecamatan Kalipucang.

“Jadi hampir semua daerah di Kecamatan Kalipucang ini dilanda kekeringan, jadinya hampir di seluruh wilayah Kalipucang banyak warga yang kekurangan air,” kata Nana.

Usai salat Istisqo, warga mengikuti tausiah dari ustad yang sudah disiapkan oleh Muspika Kecamatan Kalipucang.

“Dengan digelarnya salat Istisqo ini, maka diharapkan bisa segera turun hujan, karena kami di sini kekeringan dan benar-benar sudah butuh sekali air,” pungkasnya.

Salat Istisqo lazim digelar oleh umat Islam di berbagai daerah di Indonesia dalam rangka berdo’a untuk meminta segera turun hujan.

Pelaksanaan salat ini biasanya dilakukan di lapang terbuka secara berjamaah, bahkan ada juga yang melaksanakannya di sawah atau lahan kering.  (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -