Rusak Akibat Pergeseran Tanah, 4 Ruang Kelas di SMAN 1 Pamarican Ciamis Dikosongkan

SMAN 1 Pamarican
Ruang kelas SMAN 1 Pamarican Ciamis yang rusak akibat pergeseran tanah. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Empat ruang kelas SMAN 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terpaksa harus dikosongkan akibat adanya kerusakan parah di bagian dinding dan lantai. Akibatnya, kegiatan belajar menggajar di sekolah tersebut terganggu.  

Wakasek SMAN 1 Pamarican, Moch Sodikin ketika ditemui HR Online, Jumat (18/12019), membenarkan jika saat ini ada ruang kelas yang terpaksa harus dikosongkan, karena bangunannya rusak akibat pergeseran tanah.

“Sejak ada gempa pada 2017 silam, bebeberpa bangunan sekolah mengalami kerusakan, terutama di bagian dinding, namun saat itu ruang kelas masih bisa kita gunakan untuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar),” katanya.

Retakan di dinding sekolah tersebut, kata dia, makin parah setelah ada beberapa gempa lagi. Bahkan, bagian lantainya pun amblas dan keramiknya juga hancur.

“Ada empat ruang kelas yang saat ini sudah tidak bisa digunakan untuk KBM,” terangnya.

Keempat ruang tersebut, yakni ruang kesenian dan tiga ruang kelas yang saat ini sudah dikosongkan.

Berita Terkait: Pernah Ditinggal Pemborong, 4 Ruang Kelas SD 2 Paledah Pangandaran Mengkhawatirkan

“Kami merasa khawatir jika bangunan suatu waktu ambruk saat KBM berlangsung. Maka dari itu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan, terpaksa pihak sekolah mengosongkan ruang kelas yang mengalami kerusakan,” terangnya.

Pantauan HR Online di lapangan, keempat ruang kelas yang rusak rata-rata lantainya amblas dan sebagian dindingnya selain retak juga hampir rubuh. Sementara plafondnya copot dan bagian atapnya patah. Kondisi ini tentu mengancam keselamatan siswa. (Suherman/R7/HR-Online) 

Loading...