Sayap Bendungan Parakan 3 Ciamis Ambruk

Bendungan Parakan Ciamis
Sayap Bendungan Parakan 3 yang berada di Dusun Sukawangun, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, yang ambruk. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sayap Bendungan Parakan 3 yang berada di Dusun Sukawangun, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, ambruk. Ironisnya, kondisi itu sudah berlangsung lama tidak kunjung mendapat perbaikan. Khawatir kondisinya semakin meluas, para petani berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat mengalokasikan dana untuk perbaikan.

Jajang, petani setempat, mengatakan, ambruknya sayap bendungan sudah berlangsung lama. Karena tidak kunjung mendapat perbaikan, ambruknya sayap bendungan sudah melebar ke bagian tebing sungai.

Agar tidak bertambah parah dan semakin melebar, Jajang berharap sayap bendungan dapat secepatnya diperbaiki. Menurut dia, ambruknya sayap jembatan mengakibatkan saluran air irigasi yang ada di sekitarnya tidak berfungsi.

Lebih lanjut, Jajang mengungkapkan, air yang bersumber dari Bendungan Parakan 3 tidak hanya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan air untuk areal pertanian di wilayah Dusun Sukawangun saja. Akan tetapi juga untuk mengairi areal pertanian di wilayah Blok Cidadap dan Balai Kambang.

Endi (50), petani lainnya mengatakan, bahwa ambruknya bagian sayap bendungan sudah melebar ke bagian tebing sungai. Ia juga membenarkan air yang bersumber dari bendungan tersebut juga digunakan ke wilayah Blok Cidadap dan Balai Kambang.

Apabila tidak secepatnya dibangun, kata Endi, tidak menutup kemungkinan saluran air untuk ke wilayah Blok Cidadap dan Balai Kambang akan berkurang. Sebab, selain ambruknya di bagian  sayap, Bendungan Parakan 3 sudah banyak yang bocor.

“Agar keberlangsungan masayarakat dalam bidang pertanian semakin membaik, diharapkan bendungan dan sayapnya diperbaiki kembali,” katanya. (Dji/Koran HR)