Sejumlah Fitur Baru WhatsApp Bakal Segera Dirilis

Aplikasi WhatsApp Bakal Rilis Sejumlah Fitur Baru
Aplikasi WhatsApp bakal merilis sejumlah fitur baru. Photo : Ilustrasi.

Sejumlah fitur baru WhatsApp untuk Android maupun iOS bakal dirilis dalam waktu dekat ini. Hal itu merupakan salah satu bentuk inovasi WhatsApp untuk memanjakan para penggunanya, sehingga mereka semakin setia terhadap layanan pesan instan tersebut.

Seperti diketahui bahwa pengguna WhatsApp tak hanya bisa berkirim teks saja, tapi juga dapat berkirim foto, video, situs website, file dokumen, hingga update status layaknya di media sosial. Itu sebabnya semua ponsel pintar menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi utama.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Jum’at (11/10/2019), berikut ini sejumlah fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

Fitur Baru untuk Pengguna WhatsApp

Menghilangkan Pesan Teks

Pengguna nantinya bisa hapus pesan secara otomatis dengan menggunakan fitur Disappearing Messege yang merupakan salah satu fitur baru WahtsApp.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu pesan yang diterimanya sebelum akhirnya hilang setelah dibaca.

Fitur untuk menghapus pesan secara otomatis ini bakal tersedia dalam obrolan di grup WhatsApp, sehingga setiap pesan berupa teks, video, foto, atau audio yang dibagikan di grup akan terhapus secara otomatis.

Waktu yang ditentukan untuk menghapus pesan secara otomatis 5 detik sampai 1 jam. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur Disapperaing Messege itu akan dirilis ke semua pengguna aplikasi WhatsApp.

Fitur Dark Mode

Saat ini fitur Dark Mode atau Mode Gelap memang sedang tren bagi aplikasi smartphone. Sejumlah aplikasi pun sudah memiliki kemampuan menerapkan fitur tersebut. Seperti yang telah dilakukan Apple dan Google melalui update sistem operasi iOS 13 dan Android 10.

Mode gelap ini mengalihkan tampilan pada bagian antarmuka aplikasi yang tadinya warna putih menjadi hitam pekat atau abu-abu gelap. Dengan menggunakan fitur Dark Mode sehingga tampilan antarmuka aplikasi pun tidak akan menyilaukan mata.

Dikabarkan Dark Mode menjadi salah satu dari sejumlah fitur baru WhatsApp yang akan dihadirkan pada perangkat Android dan iOS. Bahkan, WhatsApp sendiri telah melakukan uji coba bulan September kemarin. Fitur tersebut diharapkan bisa hadir dalam waktu dekat ini.

WhatsApp Bisa Diakses Semua Perangkat

Berdasarkan laporan dari BGR, WhatsApp ingin punya kemampuan multiplatform, di mana penggunanya dapat log ini WhatsApp pada perangkat apapun.

Jadi, tidak harus dengan smartphone utama saat pertama kali menggunakan aplikasi WhatsApp, yang mana penggunanya diminta untuk memasukan nomor telepon guna memverifikasi identitasnya.

Seperti halnya aplikasi pesan instan Facebook Messenger dan Apple iMessage, di mana penggunanya memungkinkan untuk log ini dari perangkat manapun, tidak perlu ada ponsel utama sebagai kendali aplikasi WhatsApp.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, WhatsApp perlu berubah sistem log lantaran selama ini saat pengguna mau masuk aplikasi dari perangkat yang berbeda, harus gunakan nomor telepon untuk memverifikasi identitas pengguna.

WhatsApp di iPad

Selama ini iPad beroperasi ada yang menggunakan sim card dan ada yang hanya menggunakan Wi-Fi. Sedangkan, aplikasi WhatsApp tidak mendukung pada perangkat yang hanya menggunakan WiFi saja.

Kalau WhatsApp mengubah sistem log in menjadi sistem nomor telepon independen, maka nantinya aplikasi layanan pesan instan itu bisa digunakan sebagai akun utama pada perangkat iPad.

Dengan begitu, pengguna dapat melakukan percakapan suara, panggilan video, serta mensinkronkan obrolan ke perangkat tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa lebih nyaman nonton video klip atau membaca file yang dikirim ke perangkat iPad. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur baru WhatsApp versi iPad itu akan dirilis.

Video Boomerang

Pada Agustus 2019 lalu, @WABEtaInfo menyebutkan bahwa WhatsApp berpotensi untuk meluncurkan fitur boomerang seperti halnya fitur di Instagram, yang mana fitur tersebut sangat populer.

Fitur boomerang akan tersedia pada panel jenis video yang letaknya berada di samping opsi pengiriman media GIF dan video. (Eva/R3/HR-Online)