Selain Meriahkan HUT TNI, Event Tempur Trail Adventure Bawa Misi Perkenalkan Wisata Ciamis

Tempur Trail Adventure
Kodim 0613 Ciamis menyelenggarakan event Tempur Trail Adventure yang bertempat di Situs Ciungwanara Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupate Ciamis, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74, Kodim 0613 Ciamis menyelenggarakan event Tempur Trail Adventure yang bertempat di Situs Ciungwanara Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019).

Event ini ternyata memiliki misi memperkenalkan objek wisata Kabupaten Ciamis, yaitu situs Ciungwanara Karangkamulyan yang dikenal sebagai salah satu wisata budaya dan sejarah di Indonesia.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio, mengatakan, event trail adventure ini tidak hanya sekedar memeriahkan HUT TNI semata, tetapi juga terdapat misi lokal yaitu memperkenalkan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Ciamis.

“Sengaja kami menyelenggarakan event ini di Situs Karangkamulyan. Sebagai destinasi wisata unggulan, Karangkamulyan perlu diperkenalkan kepada khalayak luas. Apalagi peserta Tempur Trail Adventure ini datang dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten,” ujarnya, kepada wartawan, di sela-sela acara.

Setelah sukses menggelar Tempur Trail Adventure, lanjut Tri, pihaknya tidak tertutup kemungkinan akan mengelar kembali event serupa yang digelar di objek wisata di Ciamis lainnya.

“Acara kali ini sangat luar biasa. Pesertanya pun hampir 1000 orang. Saya lihat banyak masyarakat, khususnya pedagang yang diuntungkan dengan digelarnya event ini. Tentu kami senang, bisa membantu ekonomi masyarakat. Makanya kini tengah kami pikirkan untuk menggelar event serupa yang lokasinya di objek wisata yang lainnya di Ciamis,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyatakan berterima kasih kepada Kodim 0613 Ciamis yang menyelenggarakan event besar dengan membawa misi memperkenalkan objek wisata di Ciamis.

“Sangat luar biasa. Kami sangat mengapresiasi gagasan ini. Event ini benar-benar menguntungkan promosi daerah, khususnya dalam memperkenalkan objek wisata karangkamulyan. Apalagi pesertanya dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten,” ujarnya.

Selain membantu promosi wisata daerah, lanjut Herdiat, event ini pun membantu menggeliatkan perekonomian warga yang berada di sekitar objek wisata. “Lihat saja banyak warga yang terlibat dan diuntungkan dengan adanya event ini, terutama para pedagang lokal dan pedagang musiman yang sengaja datang ke sini,” ungkapnya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, event Tempur Trail Adventure ini diikuti oleh sekitar 1000 peserta yang datang dari berbagai daerah. Rute trail ini dimulai dari Karangkamulyan yang kemudian masuk ke daerah Kepel Cisaga. Dari Kepel berbelok ke arah Cipucung untuk menuju daerah Bojong.

Setelah dari Bojong kemudian masuk ke daerah Karangpari Rancah dan berbelok ke arah Sukadana untuk kembali lagi ke arah Bojong. Dari Bojong kemudian finish kembali ke objek wisata Karangkamulyan.

Rute yang ditempuh tersebut tentunya daerah perkampungan yang menyusuri kawasan hutan dengan medan yang benar-benar menguji aderenlin si peserta. Namun begitu, para peserta pun mendapat suguhan pemandangan alam yang indah di sepanjang rute yang ditempuh. (Fahmi2/R2/HR-Online)