Setda Ciamis Akui Telat Bayar Pajak Mobil Dinas, Apa Alasannya?

Setda Ciamis
Plt Kasubag Rumah Tangga Setda Ciamis, Rian. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Plt Kasubag Rumah Tangga Setda Kabupaten Ciamis, Rian membenarkan, perihal keterlambatan bayar pajak kendaraan operasional di lingkungan Pemkab Ciamis, salah satunya kendaraan dengan nomor polisi Z 1 T.

Mobil dinas merk Mistubishi Pajero Sport Dakar tersebut merupakan kendaraan jabatan Bupati Ciamis. 

Berita Terkait: Sikendis Manis: Mobil Dinas di Lingkungan Pemkab Ciamis Telat Bayar Pajak

“Benar dari 45 kendaraan dinas di lingkungan Setda, hanya satu yang terlambat,” terang Rian saat dikonfirmasi HR Online, Senin ( 14/10/2019).  

Menurut Rian perihal keterlambatan pembayaran pajak mobil dinas tersebut lantaran ada kekosongan jabatan di bagian rumah tangga, sehingga tidak terkontrol . 

“Pada saat ini saya menjabat sebagai Plt Kasubag Rumah Tangga dan menjabat sebagai Kasubag perlengkapan di lingkungan,” katanya. 

Rian mengaku mengetahui informasi keterlambatan bayar pajak mobil dinas di lingkungan Pemkab Ciamis dari layanan Sikendis Manis.

Sikendis Manis atau Sistem Informasi Kendaraan Dinas Mantap dan Dinamis merupakan aplikasi yang diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Pemkab Ciamis. Siapapun bisa mengakses Sikendis Manis melalui Google.

Karena layanan tersebut, dirinya bisa mengontrol kendaraan dinas jabatan maupun operasional di lingkungan Pemkab Ciamis. Termasuk kendaraan dinas Bupati Ciamis yang telat bayar pajak.

“Intinya kami terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengontrol masalah pembayaranpajak kendaraan dinas. Sehingga kami tahu dan langsung melunasi pajaknya,” pungkasnya.

Sebelumnya, HMI Ciamis menyoroti sejumlah kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Ciamis yang tercatat dalam layanan Sikendis Manis belum membayar pajak.

Salah satunya kendaraan dinas yang digunakan Bupati Ciamis, dengan nomor polisi Z 1 T. Dalam Sikendis Manis, tercatat tanggal bayar pajak 23 Juli 2019 dan terdapat keterangan ‘Terlambat Bayar Pajak”.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) HM Soekiman, menegaskan data dalam layanan Sikendis Manis sudah valid dan selalu update.

Dari keterangan Plt Kabubag Rumah Tangga Setda Ciamis, Rian, mobil dinas Bupati Ciamis tersebut sudah dibayar pajaknya, namun ketika HR Online mengakses Sikendis Manis pada Senin (14/10/2019) pukul 12.54 WIB, kendaraan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan Nopol Z 1 T tersebut masih tercatat belum membayar pajak. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...