Simpang Tiga Jalan Siliwangi Kawali Ciamis Rawan Kecelakaan

Simpang Tiga
Simpang tiga Jalan Siliwangi yang berada di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, rawan kecelakaan. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Simpang tiga Jalan Siliwangi yang berada di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, rawan kecelakaan. Meski ada yang mengatur arus lalu lintas, kecelakaan kerap terjadi. Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, warga meminta pemerintah memasang lampu traffict light.

Maman, warga sekitar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (15/10/2019), mengatakan, arus lalu lintas di pertigaan itu tergolong tinggi. Sementara rambu lalu lintas, seperti lampu pengatur jalan, belum tersedia.

Akibatnya, kata Maman, kecelakaan seperti tabrakan kendaraan tidak bisa dihindari. Warga juga terus dihantui rasa was-was ketika melihat kendaraan melintas pertigaan tersebut.

Menurut Maman, Jalan Siliwangi bisa dianggap sebagai jalur cepat. Banyaknya kendaraan dari arah Cirebon dengan laju kecepatan tinggi mengakibatkan kendaraan dari arah Ciamis yang mau menuju Jatinagara terkadang sulit lewat.

Terlebih, kendaraan dari arah Ciamis yang mau menuju wilayah Jatinagara selalu langsung mengambil lajur sebelah kanan, sehingga kecelakaan pun kerap terjadi. Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, warga berharap dinas terkait segera memasang lampu traffic light.

Sementara itu, pengguna jalan asal Jatinagara, ketika dimintai pendapatnya,, membenarkan bahwa pertigaan jalan tersebut rawan terjadi kecelakaan. Sehingga pengendara perlu extra hati-hati bila dari arah Ciamis mau masuk ke wilayah jalan menuju Jatinagara.

“Meski, ada waraga sekitar yang mengatur arus lalu lintas, pemasangan traffic light harus segera terealisasi, agar pengguna jalan maupun pengendara dapat melintasi pertigaan tanpa merasa was-was dan khawatir terjadi kecelakaan (tabrakan),” katanya.

Kepala UPTD Terminal Kawali, Erna, ketika ditemui Koran HR di tempat kerjanya, membenarkan, pertigaan Jalan Siliwangi yang berada di wilayah Desa Linggapura, rawan kecelakaan. Menurut Erna, pihaknya sudah melapor dan mengusulkan terkait kondisi tersebut.

“Mudah-mudahan saja bisa secepatnya teranggarkan,” katanya. (dji/Koran-HR)

Loading...