Smartphone Game Ideal dengan Spek Mumpuni, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro

Smartphone Game Ideal dengan Spek Mumpuni, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro
Smartphone game ideal dengan spek mumpuni, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro. Photo : Ilustrasi/Net.

Smartphone game ideal dengan spek mumpuni kini menjadi incaran para gamer untuk menunjang aktivitasnya saat bermain game mobile. Hal itu seiring maraknya game mobile di kalangan pengguna smartphone, sehingga butuh perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Pasalnya, game mobile butuh perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi supaya dapat dimainkan tanpa mengalami lag. Karena memang ukuran file game besar serta kinerja grafisnya juga setara dengan game di komputer.

Saat ini smartphone game ideal yang memiliki spek mumpuni buat gamer seperti Xiaomi Black Shark, Asus ROG Phone, dan vivo iQoo tentunya dibandrol dengan harga tinggi pula.

Namun, buat kamu yang memiliki dana pas-pasan, berikut ini rekomendasi dua perangkat dengan spek mumpuni untuk bermain game mobile, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/10/2019).

Dua Smartphone Game Kelas Menengah

Kedua smartphone game ideal itu adalah Oppo A9 (2020) dan Vivo Z1 Pro 6GB yang sama-sama didukung chipset, RAM dan storage yang mumpuni, juga kaya akan fitur Game Mode. Terpenting, harganya tak sampai Rp 4 juta.

Berikut ini perbandingan spesifikasi dua smartphone yang menunjang permainan game mobile antara Oppo A9 (2020) dengan Vivo Z1 Pro 6GB.

Desain

Desain smartphone game ideal, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro. Photo : Net/Ist.

Dilihat dari desainnya, kedua perangkat tersebut sama-sama dibekali layar lebar dengan bezel yang super tipis, dan memiliki poni di layar bagian atas.

Hanya perbedaannya poni Oppo A9 (2020) berbentuk ā€œUā€ di atas bagian tengah layar, sedangakan Vivo Z1 Pro poninya berbentuk ā€œOā€ yang terletak di sudut kanan atas.

Selain itu, Vivo juga menambahkan satu tombol volume dan power, dan untuk asisten virtual Jovi juga bisa diprogram buat Google Assistant.

Berikutnya, di bagian kepala kedua smartphone game ideal tersebut tidak ada ornamen maupun port, karena diletakkannya di bagian bawah bersama jack audio 3,5mm dan corong speaker. Untuk slot, kedua ponsel ini sama-sama mengusung tiga slot yang terdiri 2 nano SIM dan microSD.

Kemudian, pada bagian panel belakang terdapat pengaturan kamera yang sama-sama disusun secara vertikal, dilengkapi LED Flash serta panel sidik jari untuk keamanan perangkat.

Dari segi desain, HP Oppo A9 (2020) memiliki satu keunggulan, yakni dua speaker stereo didukung oleh USB Type-C yang berfungsi mengisi daya baterai, dan untuk konektivitas pada perangkat lain. Sementara, Vivo Z1 Pro masing menggunakan port microUSB. 

Layar

Layar smartphone game ideal, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro. Photo : Net/Ist.

Kualitas layar yang tinggi membuat game dapat berjalan lancar. Dalam hal ini, HP Oppo A9 (2020) mengusung layar IPS LCD sekitar 6,5 inci, namun resolusinya rendah, yaitu HD+ atau 720 x 1.600 piksel, serta ratio 20:9.

Sedangkan, Vivo Z1 Pro dibekali layar IPS LCD 6,53 inci, resolusi Full HD+ atau 1.080 x 2.340 piksel, dengan ratio 19.5:9.

RAM dan Storage

Baik Oppo A9 (2020) maupun VivoZ1 Pro sama-sama memiliki kapasitas memori internal 128GB, dan microSD up to 256GB. Namun, untuk Oppo A9 dibekali RAM 8GB, sedangkan Vivo Z1 6GB RAM.

Smartphone dengan memiliki RAM serta penyimpanan yang lega tentunya dapat meminimalisir terjadinya lag ketika multi-tasking, dan akan lebih leluasa untuk menyimpan banyak dokumen maupun aplikasi.

Chipset

Chipset smartphone game ideal, Oppo A9 (2020) Vs Vivo Z1 Pro. Photo : Net/Ist.

Untuk dapur pacu, kedua smartphone game ideal tersebut sama-sama didukung oleh prosesor serta chipset dari Qualcomm.

Oppo A9 (2020) dibekali chipset Snapdragon 665 dipadukan dengan GPU Adreno 610, octa-core Kryo Gold 260 4 x 2.0 GHz, serta 4 x 1.8 GHz. Sedangkan, Vivo Z1 Pro dibekali Snapdragon 712 AIE yang dipadukan dengan GPU Adreno 616, octa-core Kryo Gold 360.

Meski kedua smartphone game ideal itu sama-sama didukung prosesor octa-core, namun perbedaan pada chipset tersebut akan sangat terasa ketika bermain game, yang mana penggunanya bakal merasakan mulusnya bermain game dengan Vivo Z1 Pro.

Baterai

Baterai 5000 mAh. Photo: Ilustrasi.

Kapasitas baterai yang tinggi juga sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas pengguna saat bermain game mobile. Smartphone game ideal dari Oppo dan Vivo tersebut sama-sama ditunjang oleh baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5.000mAh.

Selain itu, kedua perangkat ini juga mengusung fitur Reverse Charging yang berfungsi sebagai powerbank dan bisa dipakai mengisi daya untuk perangkat lainnya.

Dengan baterai berkapasitas besar memungkinkan penggunanya untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile maupun Call of Duty hingga 7 jam lamanya.

Game Mode

Kedua smartphone game ideal ini juga sama-sama dilengkapi software yang menunjang gaming. Oppo A9 (2020) dibekali Game Boost 2.0 untuk meningkatkan teknologi dengan Frame Boost serta Touc Boost, dan Vivo Z1 Pro dibekali Ultra Game Mode serta fitur Multi-Turbo.

Untuk memberikan pengalaman bermain game mobile menggunakan Oppo A9 (2020), vendor ponsel ini menyiapkan Frame Boost guna memantau berjalannya perangkat secara real time. Hal ini untuk meminimalisir latensi serta terjadinya lag.

Fitur tersebut juga untuk mengatur sumber daya agar ponsel tidak panas. Sedangkan, fitur Touch Boost berfungsi untuk penyesuaian, khususnya meningkatkan sensitivitas sentuhan layar ketika bermain game, sehingga perangkat akan lebih cepat dan responsif.

Harga

Smartphone game ideal yang ditawarkan Oppo A9 (2020) dibandrol harga Rp. 3.999.000. Perangkat ini merupakan model pertama Oppo seri A yang naik kasta, karena fitur maupun hardware-nya dapat disandingkan dengan Oppo seri F yang sempat menduduki kelas tertinggi Oppo.

Sedangkan, untuk smartphone game ideal yang ditawarkan Vivo Z1 Pro 6GB dibandrol harga Rp 3.699.000. Perangkat ini bisa dibeli melalui Lazada. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...