Spek Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT, Lebih Unggul Mana?

Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT
Spek Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT, ponsel kelas menengah yang sama-sama menggunakan layar AMOLED. Photo : Net/Ist.

Spek Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT, ponsel kelas menengah yang sama-sama menggunakan layar AMOLED itu diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan di Jakarta. Samsung Galaxy M30s diluncurkan pada 23 Oktober 2019, selang beberapa hari setelah Realme XT.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Jum’at (25/10/2019), Realme XT memiliki desain lebih elegan dibanding Samsung Galaxy M30s.

Berikut ini perbadingan spek Samsung Galaxy M30s dengan Realme XT yang sama-sama merupakan smartphone kelas menengah paling ditunggu konsumen Tanah Air.

Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT

Desain

Samsung Galaxy M30s hadir dengan menawarkan bodi berbahan plastik yang didesain kekinian serta memiliki takik kamera berukuran kecil. Sedangkan, desain Realme XT tampak lebih elegan dibanding Galaxy M30s.

Hal itu karena bagian belakang Realme XT terlihat bersih berkat adanya pembaca sidik jari yang ditanam di dalam layar, serta memiliki modul kamera yang lebih ramping dan juga kaca belakang.

Layar

Meski dari segi desain masih kalah sama Realme XT, namun Samsung Galaxy M30s memiliki keunggulan di sektor layar yang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone besutan Realme itu.

Selain itu, keberadaan takik kamera yang lebih kecil juga menjadi keunggulannya. Jadi, bila dilihat secara keselurahan, Galaxy M30s sedikit lebih unggul dibanding Realme XT.

Namun, spek Samsung Galaxy M30s kekurangannya tak memiliki fitur pembaca sidik jari di dalam layar seperti yang dimiliki Realme XT.

Performa

Spek Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT dari segi performa, dalam hal ini Galaxy M30s memiliki performa yang sangat cepat berkat chip Exynos 9611 (10nm) dengan GPU atau grafis Mali-G72 MP3, dibantu juga RAM berkapasitas 4GB yang disandingkan dengan penyimpanan internal 64GB. Tersedia juga slot eksternal (microSD) hingga 512GB.

Dengan sokongan prosesor Exynos 9611 ditambah RAM besar, maka tidak heran jika performa HP Samsung Galaxy M30s bakalan ngebut. Sehingga, saat digunakan bermain game berat pun tidak akan nge-lag, dan live streaming juga semakin nyaman.

Sedangkan, performa Realme XT disokong oleh chipset Snapdragon 712 ditambah RAM serta memori internal UFS 2.1. Untuk bermain gim berat, perangkat ini juga bisa dibilang cukup baik berkat dukungan GPU Adreno 616.

GPU ini mampu menciptakan grafis game di posisi terbaik, meski akan terjadi sedikit penurunan frame saat perangkat mulai panas. Ini tidak ada dalam spek Samsung Galaxy M30s.

Kamera

Spek Samsung Galaxy M30s Vs Realme XT dari sektor kamera, Galaxy M30s hadir dengan membawa tiga kamera 48 MP klasik di belakang.

Kamera 48 MP memang masih tertinggal dibandingkan dengan kamera yang dimiliki pesaingnya, Realme XT yang sudah memakai kamera 64 MP.

Baterai

Tetapi untuk urusan baterai, Samsung Galaxy M30s yang paling unggul. Dengan dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh, maka Galaxy M30s menjadi salah satu smartphone dengan kapasitas baterai terbaik.

Tak seperti pesaingnya, Realme XT yang hanya dibekali baterai berkapasitas 4,000 mAh saja. Untungnya sudah didukung sistem pengisian cepat VOOC 3.0 fast charging 20W. (Eva/R3/HR-Online)