Spesifikasi Mazda CX 8 di Indonesia, SUV 7 Penumpang Pesaing Honda CR-V

Spesifikasi Mazda CX 8
Mazda CX 8. Foto: Istimewa

Spesifikasi Mazda CX 8 menjadi perbincangan publik setelah didaftarkan di Samsat DKI Jakarta. Pemegang merk Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sepertinya semakin gencar menghiasi segmen sport utility vehicle (SUV) di tanah air.

Hadirnya Mazda CX 8 kian melengkapi varian kendaraan merk asal Jepang tersebut. Seperti yang diketahui, Mazda sebelumnya sudah memperkenalkan CX 3, CX 5 dan CX 9.

Dalam situs tersebut juga sudah tercatat NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Mazda CX 8. Mobil ini dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan banderolan harga sesuai.

Spesifikasi Mazda CX 8

Desain yang diusung Mazda CX 8 sekilas mirip dengan Mazda CX 5. Bahkan bisa dibilang Mazda CX 8 adalah versi 7-seater dari Mazda CX 5.

Kemiripannya bisa anda lihat di bagian depannya. Mulai dari grille, bumper, headlight, model kap sampai dengan pintunya. Walau demikian, nyatanya ada beberapa poin yang membedakannya.

Bagi anda yang ingin lebih mengenal Mazda CX 8, anda simak saja ulasan spesifikasi yang kami bagikan di bawah ini.

Dimensi

Dimensi yang dibawa Mazda CX 8 terbukti lebih panjang. Mobil Mazda CX 8 ini memiliki dimensi berukuran 4.900 mm sehingga lebih panjang 350 mm dari Mazda CX 5.

Dikarenakan dimensinya lebih panjang, maka ruangan di jok baris ketiga terasa lebih lapang. Siapa saja yang menggunakannya pun akan merasa lebih nyaman pastinya.

Dilihat dari spesifikasi Mazda CX 8 tersebut, kapasitas bagasinya terbilang besar, yakni 209 liter dengan kondisi jok baris ketiga terbuka. Saat dirasa kurang, anda para pengguna Mazda CX 8 bisa melipat bangkunya hingga daya muatnya menjadi 742 liter.

Eksterior

Untuk sektor eksteriornya, mobil Mazda CX 8 dilengkapi dengan LED DRL dan LED headlight projector di bagian depannya. Sementara bagian belakangnya disematkan LED taillight.

Grill yang dibawa Mazda CX 8 hadir dengan konsep Kodo Design khas Mazda yang dilengkapi 5-bilah horizontal dan frame krom.

Sementara di sisi sampingnya, body Mazda CX 8 terkesan tegas karena mengusung konsep body-cladding yang warnanya hitam.

Kemudian bergeser ke spesifikasi Mazda CX 8 bagian belakangnya, mobil ini dibekali dengan roof-spoiler yang sewarna dengan body. Terlihat pula velg Mazda CX 8 yang terkesan elegan dan sporty.

Semakin berkelas karena Mazda CX 8 juga dilengkapi dengan roof-rail di atap. Dijamin anda tak akan kecewa saat mendapatkan Mazda CX 8 ini.

Mesin

Pada sektor dapur pacunya, Mazda CX 8 didukung dengan mesin SKYACTIV-D yang memiliki kapasitas 2.200 cc diesel atau SKYACTIV-G berkapasitas 2.500 cc bensin.

Walau demikian, Mazda CX 8 yang diperkenalkan di pasar Indonesia hanya varian mesin bensin saja yang serupa dengan CX 5.

Dengan spesifikasi Mazda CX 8 tersebut, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 187 Tk dengan torsi maksimal 251 Nm.

Performa dari mesin 4-silinder 2.488 cc tersebut mengusung konsep naturally aspirated atau non turbo. Segala medan jalan bisa ditempuh Mazda CX 8 secara mudah.

Fitur

Mengenai fiturnya, mobil Mazda CX 8 dibekali dengan fitur yang lengkap dan memadai. Sebut saja sistem pengereman ABS, head-unit berkonektifitas smartphone, keyless, airbag, hingga navigasi satelit.

Tak hanya itu, Mazda CX 8 juga didukung dengan dynamic stability control, lane-keep assist, driver attention alert, rear cross traffic alert, roll stability control, traction control, 360 camera, cruise control dan tire pressure monitoring system.

Semakin mengesankan karena spesifikasi Mazda CX 8 juga dibekali dengan laci di door-trim dan konsol tengah, beberapa cupholder, hingga dashboard kiri.

Harga Mazda CX 8

Soal harga, mobil Mazda CX 8 diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp 640 jutaan untuk varian terendah dan Rp 700 jutaan untuk varian tertinggi.

Perkiraan harga ini didasarkan pada posisinya yang ada diantara Mazda CX 5 dan CX 9. Seperti yang diketahui, CX 5 Limited Edition ditawarkan seharga Rp 589,3 juta dan harga CX 9 sebesar Rp 831 juta.

Mobil Mazda CX 8 menjadi solusi terbaik untuk anda yang menginginkan mobil CX 5 namun mendukung konfigurasi penumpang sebanyak 7-seater.

Hadirnya Mazda CX 8 digadang-gadang menjadi pesaing berat Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe. Hal ini bisa dilihat dari kemiripan dimensinya.

Lain halnya untuk urusan dapur pacunya, tentu saja ketiganya berbeda. Pasalnya, Honda CR-V membawa mesin 1.500 cc turbo dan Santa Fe dibekali mesin 2.400 cc.

Spesifikasi Mazda CX 8 terbukti mumpuni. Prediksi harga yang dibawanya juga terbilang sesuai. Oleh karenanya, Mazda CX 8 bisa menjadi salah satu pilihan mobil favorit yang dapat anda miliki dalam waktu dekat ini. (R10/HR-Online)