TNI AL Gelar Karya Bhakti Tanam Mangrove di Parigi Pangandaran

TNI AL Gelar Karya Bhakti Tanam Mangrove di Parigi Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka HUT TNI ke 74, TNI AL (Angkatan Laut) menggelar penanaman mangrove di Desa Kalangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Senin (07/10/2019).

Karya Bhakti penanaman mangrove yang dilaksanakan TNI AL tersebut mengusung tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”. Sejumlah pejabat dari unsur pemerintahan daerah, SKPD, ormasi dan komunitas terlihat menghadiri acara tersebut.  

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, dalam sambutanya, menuturkan, bahwa berdasarkan hasil penelitian, hutan mangrove mampu menyerap emisi karbon sebesar 4-5 kali lebih besar dari pada hutan daratan.

Dengan demikian, kata Jeje, keberadaan hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26 persen. Penanaman mangrove sangat berfungsi untuk menjaga keindahan alam sekaligus memperindah pantai di sekelilingnya.

“Alam senantiasa berkomitmen menjaga kita yang telah menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon mangrove,” katanya.

TNI AL Gelar Karya Bhakti Tanam Mangrove di Parigi Pangandaran

Sementara itu, Danlanal Bandung, Kolonel Laut Sunar Solihuddin, mengatakan, tujuan dari kegiatan penanaman mangrove ini untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan  masyarakat. Selain itu, juga untuk memupuk kerjasama antara Lanal dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan masyarakat umum.

Menurut Sunar Solihuddin, kerjasasama tersebut juga ditujukan untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang indah dan asri. Serta, untuk menahan abrasi daerah pantai yang diakibatkan oleh gelombang air laut.

“Kebetulan penanaman mangrove ini diselenggarakan serentak dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74,” katanya. (Ntang/R4/HR-Online)