TNI Manunggal Membangun Desa Resmi Dibuka Bupati Pangandaran

TMMD di Pangandaran
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata saat membuka program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Desa Parakan Manggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu (2/10/2019). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-106 Kodim 0613 Ciamis tahun 2019 dibuka di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dibuka secara resmi oleh Bupati Jeje Wiradinata, Rabu (2/10/2019).

Jeje membuka TMMD yang pertama digelar di Pangandaran ini di Desa Parakan Manggu, Kecamatan Parigi. Bupati Pangandaran ini bertugas sebagai inspektur pada upacara pembukaan TMMD tersebut.

Jeje mengatakan, program TMMD di Pangandaran adalah yang pertama kali setelah lepas dari kabupaten Ciamis. Dia berharap masuknya TMMD di desa Parakan Manggu bisa membuat semangat gotong royong masyarakat meningkat.

“Diakui atau tidak jiwa gotong royong di sini sudah rendah, dengan berbaur dengan anggota TNI, jiwa gotongroyongnya meningkat kembali,” ucapnya.

Berbaurnya TNI dengan masyarakat di Pangandaran, kata Jeje, terlihat dari antusiasnya masyarakat menyambut TMMD di Desa Karang Manggu.

“Mereka merasa dekat, merasa diayomi, jadi nilai kebersamaannya sudah mulai kelihatan,” kata Jeje.

Jeje menuturkan, tahun 2019 anggaran yang diberikan pemerintah untuk program TMMD sebesar Rp 1,3 Miliar.

“Untuk tahun depan akan ditambah lagi, insya Allah 10 kali lipat,” ujarnya.

Sementara Danrem 062 Tarumanegeara, Kolonel Infantri Parwito, mengatakan, salah satu bagian dalam operasi militer selain perang adalah membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan.

”Salah satunya adalah pembanguan fisik, ini hanya sebagai sarana, karena tujuan utamanya adalah gotong royong, atau manunggal bersama rakyat,” ujarnya.

TCL

Lebih lanjut Parwito mengatakan, dalam program TMMD tahun 2019 di wilayah Desa Parakan Manggu, pihaknya menerjunkan 150 personil.

“Mereka tinggal dan menginap di rumah-rumah warga, tujuannya tiada lain untuk mambangun rasa kemanunggalan bersama rakyat,” katanya. (Enceng/R7/HR-Online)

Loading...