Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis Terus Berbenah, Hadirkan Hammock

Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis
Pengunjung sedang tiduran di hammock sambil menikmati udara segar wana wisata Mandiri Sayang Kaak. Foto : Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengelola Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak, Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang berada di atas bantaran sungai Citanduy terus melakukan penataan kawasan wisata.

Sejak Maret 2018, pengelolaan Mandiri Sayang Kaak ini dikerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Handapherang dan terus mempercantik diri, agar wisatawan tak bosan berkunjung ke Mandiri Sayang Kaak.

Setelah sebelumnya dibangun berbagai spot foto selfie termasuk adanya spot jembatan kaca, kini pengelola wana wisata Mandiri Sayang Kaak mengembangkan sejumlah lahan hijau untuk pengunjung.

Ketua pengelola Mandiri Sayang Kaak Ciamis, Taufan Nugraha mengatakan, pihaknya terus melakukan inovasi agar wana wisata Mandiri Sayang Kaak ini tetap menjadi primadona pengunjung.

“Penataan kawasan wisata ini juga dalam rangka mendukung gerakan #AyoWisatadiCiamis. Semakin inovatif tempat wisata, maka peluang mendatangkan wisatawan dari luar semakin tinggi,” ujarnya kepada HR Online, Kamis (24/10/2019).

Saat ini, kata dia, pengelola Sayang Kaak tengah menata lahan mahoni sebelah barat lokasi wisata, atau tepatnya berdekatan dengan lokasi parkir kendaraan mobil.

Lahan mahoni tersebut sangat cocok untuk wisatawan yang ingin makan bersama atau “botram”, termasuk juga bisa dijadikan tempat camping.

Menurut Taufan, tempat tersebut selain teduh, di bawah pohon mahoni juga sangat nyaman untuk istirahat, dengan dipasang hammock atau tempat tidur gantung.

“Kita sediakan hammock yang nanti dipasang diantara pepohonan mahoni, sehingga pengunjung bisa enjoy tiduran di hammock sambil menikmati udara segar wana wisata Mandiri Sayang Kaak,” tuturnya.

Dikatakannya, bahwa setiap weekend, pengunjung yang berwisata ke Mandiri Sayang Kaak Ciamis cukup membludak. Sehingga sangat penting agar lokasi wisata terus dikembangkan, agar pengunjung semakin nyaman berada di kawasan wisata ini.

“Sebenarnya lahan wisata Mandiri Sayang Kaak ada sekitar tiga hektaran. Namun, kita belum maksimalkan semua, bertahap saja,” katanya.

Harga Tiket Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak

Lebih lanjut Taufan menyebut saat ini tiket masuk ke Mandiri Sayang Kaak Ciamis hanya Rp 7.000/orang, dari hari Senin sampai Sabtu. Sementara hari Minggu Rp 10.000/orang.

Tiket yang dibeli pengunjung tersebut sudah termasuk pajak daerah dan asuransi.

“Dengan tiket tersebut pengunjung bisa mengeksplor berbagai spot selfie yang ada di lokasi wana wisata ini, kecuali jembatan kaca harus bayar lagi karena pengelolaanya berbeda,” ucapnya. (Jujang/R5/HR-Online)