Warga Langkaplancar Pangandaran Lahiran di Jalan

Warga Langkaplancar Pangandaran Lahiran di Jalan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Seorang ibu bernama Yati Nurhayati, warga Dusun Desa, RT 008 RW 003, Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, lahiran di tepi jalan, saat perjalanan menuju Puskesmas Pembantu (Pustu).

Bidan Desa Bojongkondang, Iin Mugiarti, ketika ditemui HR Online, Jum`at (04/10/2019), mengatakan, jarak tempuh menuju Pustu dari rumah Yati cukup jauh. Selain itu, kondisi jalan yang rusak, sehingga dia terpaksa melahirkan di jalan dibantu seorang ibu yang kebetulan lewat.

“Saat terasa mules dia (Yati) berniat pergi menuju Pustu menggunakan ojeg. Namun di tengah jalan ia minta berhenti karena merasa sudah tidak kuat. Setelah turun dari motor langsung melahirkan,” ucapnya.

Beberapa saat lahiran di jalan, Iin mengaku mendapatkan telepon dari suami Yati, Dede Irfan. Iin pun langsung berangkat menuju ke lokasi.

“Alhamdulilah ketika saya sampai langsung saya tolong dan kini sudah tertangani. Ibu Yati melahirkan seorang anak perempuan dengan bobot 3.800 gram,” katanya.

Menurut Iin, kondisi ibu dan anaknya sehat dan sudah dibawa ke rumah dengan cara diangkat menggunakan kain sarung. “Meski kondisi jalan rusak dan jarak tempuh yang begitu jauh, namun ibu Yati ini masih taat persalinan tenaga kesehatan (Linakes),” pungkasnya. (Cenk/R4/HR-Online)

Loading...