Warga Minta Jalan Penghubung Pangandaran Tasikmalaya Segera Dibangun

jalan penghubung pangandaran tasikmalaya
Kondisi jalan penghubung Pangandaran-Tasikmalaya di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran yang rusak parah. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Jalan yang menghubungkan antara Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran dengan Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya rusak parah. Warga meminta pemerintah segera membangun jalan penghubung Pangandaran Tasikmalaya tersebut.

Jalan sepanjang kurang lebih 5 kilometer yang berada di Dusun/Desa Bojongkondang tersebut hanya dilakukan pengerasan, itu pun sudah beberapa tahun yang lalu. 

Warga Desa Bojongkondang, Dace, mengatakan, jalan tersebut merupakan jalan meunuju Kabupaten Tasikmalaya dari arah Pangandaran, meski kondisi jalannya rusak, namun jalan tersebut cukup ramai karena dianggap lebih dekat ke kota Tasikmalaya.     

“Masyarakat terutama warga kecamatan Langkaplancar selalu lewat jalan ini, jika ingin menuju ke Tasikmalaya,” ucapnya, Selasa (15/10/2019).

Dirinya berharap pemerintah secepatnya membangun jalan tesebut agar perekonomian warga berjalan dengan lancar, mengingat banyak warga Langkaplancar melewati jalan ini untuk belanja ke Tasikmalaya.

“Jika dari arah Desa Bojongkondang sudah bagus, maka masyarakat hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk sampai ke kota Cineam, karena tepat di perbatasan Tasikmalaya, tepatnya Dusun Citambal, Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, jalannya sudah bagus alias dihotmix,” katanya.

Dace juga menyinggung peristiwa yang terjadi pada 3 Oktober lalu dimana seorang ibu melahirkan di pinggir jalan saat menuju Puskesmas pembantu.

Berita Terkait: Warga Langkaplancar Pangandaran Lahiran di Jalan

“Itu juga dikarenakan jalan yang dilewati sangat rusak, jadi kendaraan yang membawa ibu hamil tersebut tidak bisa jalan cepat. Saya harap kejadian ini tak terulang lagi di lain waktu,” paparnya.

Dace menambahkan, saat musim hujan, warga kesulitan melewati jalan penghubung Pangandaran Tasikmalaya tersebut, lantaran kondisinya licin.

“Kalau musim hujan, jalan ini nyaris tak bisa dilewati karena jalannya sangat licin,” pungkasnya. (Enceng)

Loading...