Berharap Kemarau Usai, Warga Sukasari Ciamis Gelar Sholat Istisqa

Berharap Kemarau Usai, Warga Sukasari Ciamis Gelar Sholat Istisqo

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan warga Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, menggelar sholat istisqa di pematang sawah, Minggu (06/10/2019). Dengan itu, warga berharap kemarau panjang segera usai dan datang musim penghujan.

Sejak pagi, warga Desa Sukasari terus berdatangan ke pematang sawah di Dusun Sukahurip. Lokasi tersebut dipilih warga sebagai tempat untuk melaksanakan sholat istisqa.

Penjabat Kepala Desa Sukasari, Iyon Zain Triyono, mengatakan, pelaksanaan sholat istisqa tersebut diikuti oleh ratusan warga, mulai dari laki-laki, perempuan, orang tua hingga anak-anak.

“Warga baru bisa melaksanakan sholat istisqa hari ini. Sebelumnya kami melakukan diskusi dengan MUI untuk mencari hari yang tepat untuk melaksanakan sholat istisqa,” katanya.

Menurut Iyon, dari keterangan para ulama, pelaksanaan sholat istisqa yang dipaksakan hari ini adalah bertepatan dengan hari pertama memasuki hari datangnya hujan. Karena dalam metode hitungan hari yang dilakukan para ulama disini, hari Minggu (05/10/2019) adalah hari terakhir musim kemarau.

“Sehingga sangat pas jika pelaksanaan sholat istisqa dilaksanakan hari ini,” katanya.

Lebih lanjut, Iyon menuturkan, terkait lokasi sholat istisqa, pihaknya terpaksa menggunakan pematang sawah. Hal tersebut dikarenakan Pemerintah Desa Sukasari belum mempunyai lapangan.

“Untuk Lokasinya kita laksanakan di pematang sawah. Karena desa kami belum mempunyai lapangan sepakbola. Namun dalam hal ini bukan masalah atau soal tempatnya. Namun tujuan kami melaksanakan sholat ini adalah berdo’a semoga Allah SWT segera menurunkan hujan,” katanya. (Suherman/R4/HR-Online)