Wujudkan Kabupaten Layak Anak, DKBP3A Pangandaran Bentuk Kelana

Program Kelana
Pembentukan Kecamatan Layak Anak (Kelana) di Kecamatan Kalipucang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Pangandaran membentuk kecamatan layak anak atau Kelana) dan forum anak kecamatan di sejumlah wilayah di Pangandaran, salah satunya di Kalipucang.

Menurut Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ayi Rohanah, pembentukan Kelana tersebut memiliki tujuan agar perlindungan dan pemenuhan hak anak bisa terencana dengan baik, menyeluruh dan berkelanjutan melalui berbagai program yang digulirkan oleh pemerintah.

“Dari perlindungan terhadap mereka juga menjadi pertimbangan untuk membangun sarana dan prasarananya. Sebab, mereka juga butuh sesuatu yang sesuai dengan kondisinya, baik dari masalah keamanan maupun kenyamanannya,” kata Ayi kepada Koran HR, Selasa (8/10/2019).

Ayi menambahkan, Pangandaran sebagai salah satu daerah yang komitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), terus melakukan sosialisasi di 20 kecamatan yang ada di Pangandaran. Hal ini agar indikator KLA bisa terpenuhi sesuai dengan harapan.

Selain pembentukan Kelana, lanjut Ayi, pihaknya juga mendorong pembentukan Desa Kelurahan Layak Anak atau Dekela. Di samping itu, sekolah-sekolah yang ada juga didorong menjadi tempat yang ramah bagi anak-anak.

“Kita menargetkan semua sekolah yang ada di tahun 2019 ini menjadi tempat yang ramah anak, minimalnya bisa mencapai 70 persen. Itu mencangkup semua lembaga pendidikan, baik itu PAUD, SD, SMP, SMA maupun RA, MI, MTs, serta MA dan pesantren. Dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, kita harapkan KLA Pangandaran bisa terwujud,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)