2 Puskesmas di Pangandaran Raih Penghargaan dari Pemprov Jabar

2 Puskesmas di Pangandaran
Puskesmas Langkaplancar saat berfoto bersama usai mendapatkan penghargaan dari Pemprov Jabar. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- 2 Puskesmas di Kabupaten Pangandaran mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari Pemprov Jabar atas Program Pangandaran Hebat yang digulirkan Pemerintah Daerah Pangandaran.

Puskesmas yang mendapatkan penghargaan dalam Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019  tingkat Provinsi tersebut, di antaranya Puskesmas Pangandaran mendapatkan penghargaan terbaik 1 kategori perkotaan se-Jabar, kedua Puskesmas Langkaplancar terbaik kedua kategori pedesaan se-Jabar.

Kepala Puskesmas Pangandatan, dr. Aris Rusmawan, mengatakan, tiap tahun ada perlombaan penilaian fasilitas kesehatan. Dalam lomba ini ada 4 kriteria, yakni fasilitas kesehatan klinik, fasilitas kesehatan Puskesmas terpencil, fasilitas kesehatan Puskesmas pedesaan dan fasilitas kesehatan Puskesmas perkotaan.

“Alhamdulillah kita mendapat juara pertama tingkat Jawa Barat. Di samping Puskesmas Paripurna, juga fasilitas kesehatan Puskesmas Perkotaan mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional,” jelas dr. Aris Rusmawan saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Selasa (12/11/2019).

dr. Aris Rusmawan menambahkan, selain Puskesmas Pangandaran sebagai puskesmas Paripurna, juga mendapat juara pertama yang berhak mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional yang rencananya akan dilombakan awal tahun 2020 nanti.

“Selain akreditasi Paripurna, Puskesmas Pangandaran akan mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional awal tahun 2020 nanti. Ini adalah sejarah bagi Pangandaran sejak terpisah dengan Ciamis baru kali ini mendapat fasilitas kesehatan Puskesmas terbaik perkotaan se Jawa Barat,” jelas Aris Rusmawan.

Aris Rusmawan berharap, dukungan semua pihak terutama mulai dari Dinas Kabupaten dan Dinas Provinsi Jawa Barat. Sebab, pihaknya bakal mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional.

“Alhamdulillah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran selalu mendukung. Semoga ke depan menjadi juara di tingkat nasional,” pungkas dr. Aris Rusmawan.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesms Langkaplancar, Yana Taryana, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa meraih penghargaan kedua tingkat Provinsi Jabar. Apalagi Langkaplancar merupakan salah satu wilayah paling ujung di Pangandaran.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Pangandaran, terutama Bupati yang hadir dalam pemberian hadiah ini. Meski baru mampu menjadi juara 2, insya Alloh kami usahakan untuk dipertahankan, syukur bisa ditingkatkan,” katanya kepada Koran HR. (Mad/Enceng/Koran HR)

Loading...