3 Bunga Rafflesia Padma Ditemukan di Cagar Alam Pangandaran

Bunga Rafflesia Padma
Bunga Rafflesia Padma yang ditemukan petugas BKSDA Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 3 bunga Rafflesia Padma atau bunga bangkai berhasil ditemukan petugas Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran di Blok Cikole Cagar Alam Pangandaran.

Kepala BKSDA Pangandaran, Uking Iskandar, mengatakan, lokasi bunga Rafflesia Padma cukup jauh, karena berada di tengah kawasan Cagar Alam. Bahkan untuk melihatnya harus menempuh sekitar 1 jam jalan kaki.

Biasanya, kata Uking, bunga Rafflesia Padma ini mekar di bulan Agustus sampai September. Namun kali ini bunga yang ditemukan itu mekarnya di akhir Oktober 2019, tepatnya pada Jum’at (25/10/2019).

“Memang bunga ini setiap tahun mekar, tapi tempatnya selalu berbeda. Tahun kemarin bunga bangkai ini ditemukan di Blok Badeto, sekarang di Blok Cikole,” jelas Uking kepada HR Online, Rabu (6/11/2019).

Bungai Rafflesia Padma di Cagar Alam ini, lanjut Uking, akan mekar sempurna bila turun hujan. Sementara itu, bunga ini merupakan kategori langka yang mana merupakan tumbuhan parasit unik. Ciri khasnya terlihat pada bagian bunganya yang besar, berwarna merah kecoklatan yang memiliki bintik putih serta lubang diafragma sekitar 5-7 centimeter.

“Tumbuhan ini tidak mempunya akar dan daun. Sedangkan diameter bunga ini saat mekar bisa mencapai 20-30 centimeter. Bunga ini masuk kategori bunga langka di dunia. Dulu Rafflesia Padma ini pertama kali ditemukan Belanda sekitar tahun 1939,” pungkas Uking. (Ntang/R6/HR-Online)

Loading...