5 Ide Rumah Pohon Artistik dan Tips Pembuatannya

Rumah Pohon Artistik
Rumah pohon artistik. Foto: Istimewa/Net

Rumah pohon artistik bisa jadi salah satu ide menarik saat Anda bosan dengan rumah yang seperti itu-itu saja.

Bagi penyuka seni dan keindahan rumah permanen dari batu bata atau batako tentu sudah menjadi hal yang biasa maka dengan memiliki rumah pohon ini akan menciptakan pengalaman dan kesan tersendiri.

Selain dijadikan sebagai hunian, rumah pohon juga kerap dijadikan sebagai pemanis halaman rumah, tempat berkumpul dan bermain bersama orang terdekat, tempat bekerja dan mencari inspirasi, dan masih banyak lagi lainnya.  

Untuk mewujudkan rumah pohon impian Anda, ada beberapa ide rumah pohon artistik yang bisa Anda jadikan sebagai contoh atau referensi seperti berikut ini:

Cermin

Ide yang pertama adalah menggunakan cermin. Rumah pohon yang klasik akan terlihat lebih eksklusif jika menggunakan cermin ini.

Ide ini sangat unik dan menjadi terobosan jenis rumah pohon terbaru, Anda bisa leluasa menikmati keindahan pemandangan yang ada di sekitar. Anda bisa mengusung konsep seperti “The Mirrorcube” yang dibuat di hutan Harads Swedia.

Rumah pohon artistik tersebut sangat unik karena dibuat secara menggantung diantara pepohonan dengan menggunakan alumunium yang ringan dan teknologinya modern.

Eksterior bagian luar rumah disamarkan dengan dinding dari cermin atau bisa memantulkan kondisi pepohonan yang ada di sekitarnya.

Fakta unik lainnya dari konsep rumah pohon cermin tersebut adalah dilengkapi dengan cahaya inframerah untuk bisa mencegah burung masuk dan juga menghampiri rumah pohon tersebut.

Rumah Pohon Simpel

Ide rumah pohon artistik selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi adalah rumah pohon simpel. Untuk pembuatan rumah pohon ini simpel dan tidak terlalu makan banyak waktu.

Agar terlihat berbeda Anda bisa menambahkan ruang tamu pada bagian bawah rumah pohon sekaligus akan menjadikannya terlihat lebih mewah.

Anda juga bisa menambahkan ayunan di bawahnya. Dengan ditambahkan ayunan di bawahnya Anda akan bisa membuat suasana di rumah pohon semakin santai dan menarik.

Bulat

Jika rumah pohon identik dengan bentuk kotak, Anda bisa menerapkan desain rumah pohon artistik dengan desain bulat.  Anda bisa mencontoh konsep rumah pohon seperti yang ada di hutan Vancouver, Home Lake Road, Kanada.

Rumah pohon tersebut memiliki bentuk bulat ini dan sangat mirip dengan bola mata raksasa yang bergelantungan di antara pepohonan. Anda bisa masuk ke rumah pohon dengan melewati tangga spiral yang dibangun di pohon utama.

Sarang Burung

Ide rumah pohon artistik yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah sarang burung. Sesuai dengan namanya jika melihat sekilas hanya mirip sebuah sarang burung namun jika di lihat ke dalam rumah ini memiliki ruang yang bisa digunakan untuk menginap.

Untuk desain eksteriornya bisa menggunakan ranting-ranting pepohonan yang mirip dengan sarang burung. Tangga yang digunakan adalah tangga gantung yang bisa ditarik ke atas untuk mencegah orang lain yang tidak berkepentingan masuk ke dalam rumah.

Rumah Pohon yang Luas

Ide yang terakhir adalah rumah pohon artistik dengan ruang yang luas. Rumah pohon ini sangat multifungsi karena tidak hanya bisa digunakan menampung satu sampai tiga orang saja , namun bisa menampung sampai dengan 6 orang di dalamnya.

Anda bisa menjadikan rumah pohon ini untuk tempat ngumpul bersama dengan teman atau saudara dengan nuansa yang berbeda.

Tips Pembuatan Rumah Pohon Artistik

Karena penuh artistik, rumah pohon ini tidak bisa dibuat sembarangan. Tips yang salah hanya akan membuat keamanan dan kenyamanan rumah pohon menjadi berkurang.

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah cari lokasi rumah pohon yang sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk menggunakan pohon yang kokoh dan kuat untuk dijadikan sebagai penyangga rumah pohon tersebut.

Bisa juga Anda meletakkan rumah pohon artistik tersebut di halaman rumah jika Anda memiliki pohon dengan batang yang kuat.

Baca Juga: Aplikasi Desain Rumah Ini Bikin Kerjaan Arsitek Lebih Mudah

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pilih material yang benar-benar kuat dan kokoh. Misalnya jika Anda memilih untuk menggunakan dari bahan kayu maka pilih kayu yang kuat. Kemudian gunakan tenaga ahli yang profesional dikarenakan tidak semua orang bisa membangun rumah pohon ini.

Demikianlah beberapa ide rumah pohon artistik yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi, semoga informasi ini bermanfaat. (R11/HR-Online)

Loading...