Aplikasi Desain Rumah Ini Bikin Kerjaan Arsitek Lebih Mudah

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi Punch Architecture. Foto: Istimewa

Hadirnya berbagai macam aplikasi desain rumah untuk PC membuat pekerjaan para arsitek semakin mudah. Jika dulu untuk mendesain sebuah rumah atau bangunan, para arsitek harus menggambarnya secara manual di atas kertas, kini semua terasa lebih mudah.

Seiring berkembangnya teknologi, kini desain rumah, interior rumah, dan juga gedung dapat dilakukan dengan menggunakan software khusus. Perangkat lunak yang digunakan tersebut dapat mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai konstruksi bangunan.

Selain itu, software tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur otomatis sehingga mudah untuk digunakan dalam mendesain sebuah bangunan. Berikut adalah berbagai macam aplikasi desain rumah untuk PC dan laptop:

ArchiCAD

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah menggunakan ArchiCAD.

Salah satu perangkat lunak yang dapat membantu Anda dalam mendesain sebuah bangunan adalah ArchiCAD. Aplikasi yang dapat diakses melalui PC ini diklaim sebagai software desain all-in-one. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mendesain bangunan dalam bentuk 2D maupun 3D.

Baca Juga: Gaya Rumah Skandinavia yang Kekinian, Kenali 8 Karakteristiknya

Aplikasi desain rumah yang satu ini banyak digunakan oleh para arsitek profesional dan mahasiswa yang baru belajar desain arsitektur. Bagi Anda yang baru belajar mendesain rumah, cobalah memakai aplikasi ArchiCAD karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mudah untuk dijalankan.

HGTV Ultimate Home Design

Aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi HGTV Ultimate Home Design.

Perangkat lunak HGTV Ultimate Home Design menawarkan banyak contoh desain rumah dan juga fitur yang dapat membantu Anda mengerjakan desain dengan cepat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan ketika Anda ingin merenovasi ataupun membuat ulang rumah.

Energy3D

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi Energy3D.

Energy3D merupakan salah satu aplikasi yang dirancang khusus untuk merancang model bangunan 3D.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk membuat berbagai macam objek, seperti misalnya dinding, atap, pintu, jendela, pelat, pohon, dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi Energy3D ini Anda dapat mengekspor tampilan 3D ke dalam format PNG dengan mudah. Di dalam perangkat lunak yang dapat Anda akses dengan menggunakan PC ini, terdapat berbagai macam model bangunan dan desain rumah.

Kelebihan lain dari software ini adalah kualitasnya yang sangat user-friendly, open source, portable, dan juga cross platform.

TurboFloorPlan 3D Pro

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi TurboFloor 3D Pro.

TurboFloorPlan 3D Pro adalah salah satu aplikasi desain rumah 3D yang terbaik. Aplikasi ini memiliki menu dan juga fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat rancangan rumah dan model 3D yang sedikit advance.

Selain itu, aplikasi TurboFloorPlan 3D ini juga memiliki antarmuka yang bersifat user-friendly dan dilengkapi fitur-fitur yang sangat mudah untuk dipakai bahkan untuk para pemula sekalipun.

Home Designer Suite

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi Home Designer Sweet.

Home Designer Sweet merupakan salah satu aplikasi design rumah untuk PC yang terbaik. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat merencanakan serta mendesain proyek interior dan interior baik dalam gambar 2D maupun 3D dengan cepat dan mudah.

Aplikasi Home Designer Suite juga menawarkan template, tata letak untuk berbagai macam konsep desain seperti misalnya, ruang interior, landscape luar ruangan, serta berbagai model rumah dengan ukuran dan gaya yang beragam.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat menyesuaikan rancangan rumah dengan berbagai komponen desain yang tersedia secara default, seperti contohnya, lemari ataupun lantai. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk merancang proyek renovasi.

Chief Architect

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi Chief Architecture.

Chief Architect merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat rancangan 3D secara profesional. Meskipun aplikasi ini banyak dipakai untuk membuat desain 3D, namun Chief Architect ternyata juga bisa digunakan untuk membuat desain 2D juga lho.

Pada salah satu aplikasi desain rumah untuk PC ini, terdapat fitur otomatis yang dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan proses desain rumah dan juga renovasi dengan baik dan cepat. Dengan demikian, hasil desain yang dihasilkan akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Punch Software

aplikasi desain rumah
Hasil gambar desain rumah dengan aplikasi Punch Software

Punch Software adalah software desain rumah nomor 1 di Amerika yang mengkombinasikan kekuatan NexGen dengan LightWorks untuk memberikan hasil foto dengan kualitas yang sangat realistis sehingga Anda dapat memperoleh hasil desain dengan cepat dan sangat realistis.

Meskipun untuk dapat menggunakannya Anda harus membayar cukup mahal, namun harga ini sepadan dengan kualitas yang dihasilkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memenuhi permintaan desain dari klien dalam jumlah besar tanpa bantuan orang lain.

Itulah 7 aplikasi desain rumah untuk PC. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari aplikasi desain rumah terbaik. (R11/HR-Online)

Loading...