9 Instansi Ini Buka Lowongan CPNS 2019 untuk Lulusan SMA Sederajat

lowongan cpns 2019 untuk lulusan sma
Sebanyak 9 instansi pemerintah pusat membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Foto: Istimewa/Net

Lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat dibuka di 9 instansi pemerintah pusat. Pendaftaran dilakukan secara online sudah dibuka di portal SSCASN BKN GO ID sejak 11 November 2019 lalu. Pendaftaran CPNS 2019 ini rencananya akan berakhir pada 24 November 2019.

Instansi mana saja yang menyediakan lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA Sederajat? Berikut daftar formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat:

Kemenkumham Buka 3532 Lowongan CPNS 2019 untuk SMA Sederajat

Sebanyak 3.532 formasi CPNS 2019 lulusan SMA/SMK dan yang Sederajat dibuka Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham).  Sementara total lowongan CPNS 2019 Kemenkumhanm sebanyak 4.598 formasi.

Rincian formasi CPNS 2019 Kemenkumham untuk lulusan SMA sederajat, dari jumlah formasi 3.532, sebanyak 2.875 diantaranya untuk mengisi posisi sebagai Penjaga Tahanan.

Selanjutnya dari jumlah 2.875 lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat tersebut, 101 formasi dialokasikan untuk putra putri asal Papua maupun Papua Barat. Sementara sisanya sebanyak 2.774 disediakan untuk formasi umum.

Alokasi untuk putra Papua ada 71 formasi dan bagi putri Papua sebanyak 8 formasi. Lalu bagi putra Papua Barat ada 20 formasi, sementara untuk putri Papua Barat tersedia 2 formasi.

Selain untuk putra/putri Papua, jangan lupa Kemenkumham membuka lowongan untuk lulusan SMA dari formasi umum sebanyak 2.774.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.497 disediakan untuk pelamar laki-laki, sementara untuk perempuan tersedia 277 formasi.

Jabatan Penjaga Tahanan yang dibuka sebanyak 2.875 formasi tersebut akan disebar di 33 kantor wilayah.

Selain sebagai Penjaga Tahanan, formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat dibuka untuk jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana atau Pemula.

Jumlah formasi untuk jabatan tersebut tersedia sebanyak 657 formasi. Dari jumlah itu, 69 formasi diantaranya dialokasikan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, sementara sisanya sebanyak 588 formasi untuk umum.

Kejaksaan Agung Buka 2000 Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat

Jumlah formasi yang dibuka Kejaksaan Agung sebanyak 5.203 formasi. Sebanyak 2000 formasi diantaranya merupakan lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Ada 30 jenis formasi jabatan yang dibuka Kejaksaan pada CPNS 2019 tersebut. Dari jumlah itu, jabatan untuk pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi pengawal tahanan memiliki alokasi lowongan paling banyak, yakni sebanyak 2000 formasi.

Lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat di Kejaksaan memang dibuka untuk mengisi posisi jabatan sebagai pengawal tahanan dan juga pengemudi pengawal tahanan.

Dari jumlah formasi 2000 untuk lulusan SMA sederajat ini, sebanyak 1000 formasi untuk jabatan sebagai pengemudi pengawal tahanan dan 1000 sisanya untuk jabatan pengawal tahanan.

Dari jumlah 1000 formasi pada kedua jabatan tersebut, sebanyak 2 formasi dialokasikan untuk putra atau putri Papua. Sementara sisanya, sebanyak 998 formasi dialokasikan untuk formasi khusus.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Buka 80 Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka 80 lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Jumlah totalnya ada 80 formasi yang dibuka KLHK untuk lulusan SMK. Sebanyak 80 formasi tersebut diperuntukkan untuk posisi Polisi Kehutanan.

Kementerian Pertanian Sediakan 45 Formasi CPNS 2019 Lulusan SMK

Lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat dibuka Kementerian Pertanian (Kementan). Total formasi yang dibuka Kementan sebanyak 520 untuk lulusan S1, DII, DIII termasuk lulusan SMK. Untuk lulusan SMK, Kementan membuka 45 formasi.

Hanya saja kualifikasi pendidikannya tidak asal lulusan SMK. Namun SMK jurusan pertanian, SMK jurusan perkebunan, SMK jurusan holtikultura, SMK jurusan peternakan dan SMK jurusan kesehatan hewan.

Ada dua jabatan yang dibuka Kementan untuk lulusan SMK, yakni Jabatan fungsional dan jabatan pelaksana. Berikut rinciannya:

Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional meliputi Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Karantina Hewan sebanyak 26 formasi, Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Veteriner sebanyak 9 formasi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Benih Tanaman sebanyak 2 formasi.

Selanjutnya lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMK formasi jabatan fungsional juga dibutuhkan untuk posisi Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Mutu Pakan sebanyak 5 formasi, dan Pelaksana Pemula/Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan sebanyak 1 formasi.

Jabatan Pelaksana

Jabatan pelaksana yang dibuka Kementan hanya tersedia 2 formasi saja, yaitu untuk posisi pemelihara kebun.

Kemendikbud Buka 11 Formasi CPNS 2019 untuk Lulusan SMA Sederajat

Selanjutnya instansi yang membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA Sederajat adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ada 11 formasi yang dibuka Kemedikbud untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK. Ada tiga jabatan yang membutuhkan lulusan SMA/SMK di lingkup Kemendikbud, yakni 3 formasi untuk jabatan Pengadministrasi Keuangan, 2 formasi untuk jabatan Teknisi Laboratorium, dan 6 untuk jabatan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran.

Basarnas Buka Lowongan CPNS 2019 untuk Lulusan SMA Sederajat Formasi Rescuer Pemula

Instansi yang satu ini membutuhkan 208 formasi untuk posisi rescuer pemula dengan kualifikasi pendidikan SMA/SMK. Rescuer pemula ini untuk disebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hanya saja selain membutuhkan ijazah SMA sebagai persyaratan, pendaftar disyaratkan memiliki sertifikat renang.

Badan Intelejen Negara Butuh 200 Lulusan SMA Sederajat

Badan Intelejen Negara (BIN) membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat sebanyak 200 formasi.

Lowongan CPNS untuk lulusan SMA di BIN untuk posisi pranata computer pelaksana pemula. Nantinya akan ditempatkan di Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasinal dan Deputi Bidang Intelejen Luar Negeri.

Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA di Kemenhub

Instansi selanjutnya yang membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub membutuhkan 85 orang dengan kualifikasi pendidikan SMA/SMK.

Lulusan SMA/SMK ini akan disebar dalam beberapa jabatan, yakni Jenang Kapal, Juru Mudi, Kelasi, Kepala Kamar Mesin, Petugas Avation Security dan Kerani.

Bagi Anda yang ingin mendaftar di Kemenhub pada posisi jabatan tersebut ada syarat tambahan yang harus Anda siapkan. Persyaratan tersebut adalah sertifikat TOEFL Bahasa Inggris dan sertifikat Basic Safety Training.

Kementerian Keuangan Buka 10 Formasi CPNS 2019 Lulusan SMK

Kemenkeu yang membuka 202 formasi menyediakan 10 formasi untuk lulusan SMK. Hanya saja khusus untuk lulusan SMK jurusan Pelayaran Nautika dan Pelayaran Teknika.

BNN Buka 9 Lowongan CPNS 2019 untuk Lulusan SMA Sederajat

Badan Narkotika Nasional (BNN) membutuhkan 7 lulusan SMA sederajat untuk ditempatkan di berbagai BNN provinsi.

Rincian formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di BNN adalah 1 formasi di BNN Provinsi Banten, 1 formasi di BNN provinsi Riau, 2 formasi di BNN provinsi Kalimantan Tengah, 2 formasi di BNN Kepulauan Riau, 1 formasi di BNN provinsi Aceh, 1 formasi di BNN Sumatera Selatan, dan 1 formasi di BNN provinsi Jambi.

Itulah 9 instansi yang membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Informasi lengkap terkait formasi dan persyaratannya bisa Anda lihat di portal resmi instansi tersebut. Semoga beruntung (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...