Agun; Pengelolaan Negara Dipengaruhi Baik Buruk Partai Politik

Agun; Pengelolaan Negara Dipengaruhi Baik Buruk Partai Politik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengelolaan bangsa dan negara dengan sistem demokrasi akan sangat bergantung kepada peran fungsi partai Politik. Dengan kata lain, baik buruknya negara dipengaruhi oleh baik buruknya partai politik.

Dalam demokrasi, kepemimpinan negara yang diberikan mandat untuk menata dan mengelola negara, dipilih melalui mekanisme Pemilu yang diikuti oleh partai politik peserta Pemilu.

Hal itu disampaikan Anggota DPR/ MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.IP.,M.Si, pada acara sosialisasi Empat Pilar di Kabupaten Ciamis, 26 Nopember 2019.

Menurut Agun, jika partai politik tidak mampu melaksanakan fungsi agregasi, pendidikan, kaderisasi, dan rekruitmen calon pemimpin dengan baik, maka nasib negara akan ditentukan oleh kepemimpinan yang tidak terjamin dan teruji kualitasnya, baik kompetensi maupun integritasnya.

“Maka, jika kita semua memiliki kehendak untuk membangun bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dan sejahtera, maka rakyat harus selektif dalam memilih pemimpin yang disuguhkan oleh parpol,” kata Agun.

Selain itu, lanjut Agun, bagi para elit partai politik sudah seharusnya menjadikan partai politik yang mampu menjalankan peran dan fungsinya. Yakni untuk menyiapkan dan menghadirkan para pemimpin yang berkualitas, jelas kompetensi dan integritasnya.

“Sudah seharusnya praktik politik transaksional dan pengelolaan partai secara oligarkis dihentikan. Kepentingan rakyat bangsa dan negara jauh lebih penting daripada kepentingan perorangan maupun segelintir elit saja,” tandasnya. (Deni/R4/HR-Online)