Jangan Ragu, Ini 5 Alasan Harus Punya Rumah Sendiri

Alasan Harus Punya Rumah Sendiri
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Jika Anda masih ragu untuk membeli rumah, 5 alasan harus punya rumah sendiri ini bisa Anda jadikan motivasi.

Rumah adalah kebutuhan primer sehingga memiliki rumah ini menjadi hal yang harus didahulukan dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Bagaimanapun memiliki hunian sendiri akan lebih menguntungkan dibandingkan Anda harus terus menerus tinggal di rumah orang lain.

Meski kondisi finansial belum mencukupi, tapi tetap saja Anda harus punya rumah sendiri, terutama jika di dalam rumah orang tua Anda sudah penuh sesak. 

Selanjutnya, hal yang harus Anda ingat adalah populasi manusia akan semakin bertambah namun tidak untuk tanah dan properti. Hal inilah yang membuat harga rumah, tanah, dan properti lainnya akan selalu naik dengan signifikan.

Alasan Harus Punya Rumah Sendiri?

Ada beberapa alasan harus punya rumah sendiri. Alasan yang pertama adalah harga properti yang semakin meningkat.

Tentu Anda sudah tahu jika harga properti ini akan naik dari tahun ke tahun. Semakin Anda menunda untuk membeli hunian maka semakin tidak terjangkau harga properti tersebut untuk Anda ke depannya.

Kalau penghalang Anda adalah faktor finansial maka akan banyak pilihan yang bisa mendukung Anda untuk membeli rumah tersebut.

Contoh fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk membeli rumah dan properti adalah KPR. Ada juga jasa koperasi maupun rumah subsidi yang bisa menjadi pilihan Anda.

Alasan harus punya rumah sendiri juga dilatarbelakangi dengan aspek psikologis. Bagaimana pun kondisi rumah Anda akan terasa tenang dan nyaman dibandingkan dengan tinggal bersama dengan orang tua atau hunian milk orang lain.

Saat sudah menikah pun wajib untuk memiliki hunian sendiri agar lebih mandiri selain itu privasi akan lebih terjaga dibandingkan dengan tinggal bersama dengan orang tua maupun orang lain.

Alasan harus punya rumah sendiri selanjutnya adalah rumah ini bisa menjadi investasi yang menjanjikan. Harga properti yang selalu meningkat akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan juga harga beli.

Alasan terakhir adalah rumah ini bisa dijadikan untuk meningkatkan gengsi. Dengan memiliki rumah sendiri yang dihasilkan dari kerja keras Anda sendiri akan menciptakan kebanggaan dan juga menaikkan gengsi Anda di mata orang lain.

Beda jika Anda masih nebeng dengan orang tua atau menyewa rumah dimana hal itu akan menyebabkan orang lain meragukan kondisi finansial Anda.

Waktu yang Tepat Membeli Rumah

Setelah mengetahui beberapa alasan harus punya rumah sendiri, bisa ditarik kesimpulan bahwa Anda harus mulai memikirkan untuk memiliki hunian pribadi karena menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia.

Pertanyaannya saat ini adalah kapan waktu yang tepat untuk memiliki rumah tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa kondisi yang menjadikan Anda harus mulai untuk memikirkan pembelian rumah seperti berikut ini:

  • Karyawan tetap

Saat yang tepat untuk membeli rumah adalah saat Anda menjadi karyawan tetap. Menjadi karyawan tetap ini akan menguntungkan bagi Anda karena tidak akan pernah terkena PHK karena sifatnya tetap.

Saat Anda jadi karyawan tetap jadi salah satu alasan harus punya rumah sendiri. Karena karyawan tetap ini berbeda dengan kontrak yang rentan untuk terkena PHK.

Selain itu karyawan tetap saat pensiun memiliki pesangon, mendapat tunjangan, dan lain sebagainya. Hal yang menyebabkan karyawan tetap harus mulai memikirkan rumah adalah akan memiliki gambaran yang jelas tentang penghasilan Anda per bulannya.

Untuk yang masih kontrak rumah belum menjadi hal yang diprioritaskan karena belum memiliki kapasitas dalam hal finansial, sehingga karyawan kontrak harus bersabar sampai menjadi karyawan tetap.

  • Suku bunga turun

Waktu yang tepat sekaligus alasan harus punya rumah sendiri selanjutnya adalah saat suku bunga turun. Ini tidak bisa diprediksi karena akan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi yang ada di negara Indonesia ini.

Untuk bisa mengetahui kenaikan dan penurunannya, Anda harus rajin menyimak informasi tentang properti dan juga perekonomian di negara ini.

  • Kesiapan mental

Terakhir, waktu yang tepat untuk memiliki rumah sendiri sekaligus alasan punya rumah sendiri adalah mental yang sudah siap.

Persoalan rumah ini tidak hanya pada cicilan KPR saja namun ada masalah lainnya yang harus diperhatikan seperti listrik, air, perabotan, kebersihan, dan lain sebagainya.

Jika sudah siap untuk menghadapi keribetan tersebut itu tandanya Anda siap untuk membeli rumah. Jangan membeli rumah hanya demi gengsi semata karena hanya akan membuat keuangan Anda menjadi buruk.

Demikianlah beberapa alasan harus punya rumah sendiri yang harus Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat. (R11/HR-Online)

Loading...