Antipasi Serangan Difteri dan Tetanus, 112 Siswa SDN 1 Kawali Ciamis Diimunisasi

SDN 1 Kawali
Imunisasi Difteri dan Tetanus di SDN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Rabu (20/11/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Antisipasi serangan Penyakit Difteri dan Tetanus, sebanyak 112 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, diimunisasi vaksin Difteri dan Tetanus (DT/TD) lanjutan, Rabu (20/11/2019). 

Lili Ramli, petugas medis Puskesmas Kawali, mengatakan, imunisasi sekolah merupakan peraturan Kemenkes No 12 tahun 2017.

“Imunisasi DT ini merupakan imunisasi tambahan atau lanjutan yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit, seperti Difteri, Tetanus dan batuk,” ujar Lili.

Sedangkan imunisasi TD, lanjut Lili merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT. Tujuan pemberian imunisasi TD agar anak semakin kebal terhadap Difteri, Tetanus dan Batu.

“Pemberian imunisasi TD bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit saat remaja. Selain itu juga antisipasi terkena tetanus yang mungkin datang lagi,” ungkap Lili.

Baik vaksin DT maupun TD, kata Lili,  bermanfaat untuk mencegah terjadinya virus yang disebabkan oleh infeksi, tetanus, difteri maupun pertusis.

“Vaksinasi ini merupakan langkah untuk mengantisipasi atau upaua pencegahan terhadap serangan penyakit Difteri dan Tetanus,” kata Lili.

Sementara, Ii Harisah, guru SDN 1 Kawali, mengatakan, imunisasi TD dan DT dilakukan untuk siswa kelas 1, kelas 2 dan kelas 5. Jumlahnya sekitar 112 siswa. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...