Antisipasi Banjir, Tagana dan KSB Bersihkan Sungai Citonjong Pangandaran

Sungai Citonjong Pangandaran
Tagana bersama relawan Kampung Siaga Bencana melakukan gerakan bersih-bersih di Sungai Citonjong Pangandaran, Minggu (24/11/2019). Foto: Enceng.HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Menghadapi musim penghujan, Tagana Kabupaten Pangandaran bersama relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) serta masyarakat Desa Bojong, Kecamatan Parigi, melakukan gerakan bersih Sungai Citonjong Pangandaran, Minggu (24/11/2019).

Ketua FK Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana mengatakan, kegiatan membersihkan sungai merupakan salah satu kegiatan rutin.

“Kita punya program Tagana Menjaga Alam (TMA) sebagai salah satu upaya mitigasi bencana, hari ini kita bersama KSB dan masyarakat membersihkan sungai Citonjong,” ungkapnya.

Menurutnya, Sungai Citonjong ini merupakan salah satu sungai rawan banjir, namun sungai ini juga merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat setempat.

“Hampir setiap musim hujan Sungai Citonjong ini selalu banjir, bahkan sampai meredam ratusan rumah dan hektaran sawah pada banjir tahun kemarin,” paparnya.

Faktor utama terjadinya banjir karena adanya penyempitan sungai. Selain itu, banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, sehingga menghambat arus air terhambat.

Nana menambahkan selain membersihkan sungai, tujuan utama kegiatan TMA ialah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga alam. 

“Kita edukasi masyarakat dengan aksi nyata, kalau kita hanya memungut sampah tentu akan cape sendiri, yang terpenting adalah membangun kesadaran,” ungkapnya.

Sebelum kegiatan ini dilakukan di Sungai Citonjong Pangandaran, gerakan yang sama juga pernah dilakukan di pantai Pangandaran dan sungai Cikidang. (Enceng/R7/HR-Online)