Aplikasi Keyboard di Android Ini Bisa Bobol Uang Anda, Buruan Hapus Sekarang!

Aplikasi Keyboard di Android
Ilustrasi aplikasi berbahaya. Foto: Istimewa

Aplikasi keyboard di Android yang bernama Ai.type sangat mencuri perhatian publik. Hal ini dikarenakan Ai.type dianggap sebagai aplikasi yang berbahaya.

Diketahui bahwa aplikasi Ai.type melakukan pembelian layanan digital premium tanpa seizin penggunanya. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh perusahaan teknologi seluler Upstream.

Terkait hal tersebut, aplikasi Ai.type ini sudah tak ada lagi di Google Play Store. Google menghapusnya sejak Juni 2019 lalu.

Namun perusahaan Upstream mengungkap bahwa sampai sekarang aplikasi keyboard emoji Ai.type tersebut masih aktif di jutaan ponsel.

Bahkan tercatat ada 13 negara yang merasakan aktivitas mencurigakan dari Ai.type. Namun Mesir dan Brasil memiliki tingkat kerugian yang lebih tinggi.

Ancaman Bahaya Aplikasi Keyboard di Android Ai.type

Aplikasi Ai.type sudah didownload lebih dari 40 juta kali. Selain membeli pelayanan digital premium, aplikasi yang mengandung malware ini juga mampu memunculkan iklan yang tak terlihat sehingga pengguna tak mengetahuinya.

Iklan ini berasal dari tautan yang dihasilkan software development kit atau SDK yang ada di dalam aplikasi keyboard Ai.type.

Dari iklan yang dimunculkan, aplikasi Ai.type bisa menghasilkan jumlah klik palsu yang tinggi. Hal ini jelas merugikan penggunanya.

Dalam sistem kerjanya, aplikasi Ai.type bergerak dengan menyembunyikan aktivitasnya. Aplikasi keyboard di Android ini memakai identitas lain.

Selain untuk mengelabui pengguna, apa yang dilakukan aplikasi Ai.type ini juga dikarenakan agar tak terdeteksi aplikasi populer.

Perusahaan Upstream mengungkapkan bahwa ada 14 juta transaksi mencurigakan yang berasal dari 110,000 perangkat yang mendownload aplikasi Ai.type.

Untuk mengatasi transaksi ilegal tersebut, Upstream langsung memblokir aksi Ai.type. Jika dibiarkan, Ai.type akan meraup USD 18 juta atau setara dengan Rp 252 miliar.

Perlu diketahui, aplikasi Ai.type ternyata tak hanya bisa ditemukan di Google Play Store saja, akan tetapi juga App Store milik Apple.

Karena ulah Ai.type, 31 juta data pengguna bocor pada tahun 2017. Mulai dari data nama lengkap, alamat email yang digunakan, dan lokasinya.

Lebih mengkhawatirkan lagi karena aplikasi ini juga mengirimkan data keystroke penggunanya ke server perusahaan pada tahun 2011.

Tak hanya itu, aplikasi keyboard di Android Ai.type juga mampu mengumpulkan data perangkat yang digunakan. Mulai dari IMEI, resolusi layar, dan versi Android.

Bahkan Ai.type bisa dengan mudah mengetahui operator seluler yang digunakan. Saat pengguna memakai WiFi pun, alamat IP sampai semua informasi akun Google bisa diakses aplikasi ini.

Dari penjelasan di atas, aplikasi Ai.type memang berdampak serius pada segi finansial penggunanya. Aplikasi ini bisa memakan data layanan seluler hingga mengharuskan pengguna mengeluarkan biaya yang tak diinginkan.

Tak hanya itu, ternyata aplikasi Ai.type juga mampu mempengaruhi kinerja smartphone. Pastinya pengguna sangat terganggu dengan aplikasi ini.

Cara Mengatasi Bahaya Aplikasi Keyboard di Android Ai.type

Setelah mengetahui ancaman bahaya yang ditimbulkan dari aplikasi Ai.type, ada baiknya jika anda juga mengetahui cara mengatasinya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Upstream, pengguna bisa mengatasi ancaman bahaya aplikasi Ai.type dengan rutin memeriksa smartphone.

Saat memeriksa ponsel, jika menemukan aktivitas aplikasi yang tak biasa, maka pengguna harus cepat menghapusnya.

Selain itu, pastikan juga pengguna mengecek tagihan yang ditimbulkan dari penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah ada biaya di luar seizinnya.

Tentu saja akan sangat merugikan jika aplikasi keyboard di Android yang anda gunakan ternyata berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan anda.

Setelah melakukan semua hal tersebut, anda juga harus lebih berhati-hati dalam mendownload aplikasi. Hal ini untuk menghindari terulangnya kejadian serupa.

Sekilas tentang Ai.type, aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk memberikan akses ke pesan teks, video, foto, kontak, dan bahkan penyimpanan di perangkat saat ingin menggunakannya.

Menanggapi bahaya yang ditimbulkan dari aplikasi Ai.type, developer pembuatnya, Fitusi menegaskan bahwa privasi pengguna menjadi fokus utamanya.

Selain itu, perusahaan tersebut juga mengklaim bahwa teks yang bisa ditulis dengan aplikasi keyboard Ai.type sudah dienkripsi sehingga terjaga keamanannya.

Namun para peneliti menemukan fakta bahwa setidaknya ada 8,6 juta teks kata yang berisi alamat email, nomor telepon, pencarian internet, dan bahkan password dalam Ai.type.

Aplikasi keyboard di Android yang bernama Ai.type memang sangat merugikan penggunanya. Tak heran jika pengguna diharuskan untuk menghapusnya secepat mungkin. (R10/HR-Online)

Loading...