Aplikasi YouTube Music Rilis di Indonesia, Layanan Musik Streaming Mirip Spotify

Aplikasi YouTube Music
Logo aplikasi YouTube Music. Foto: Istimewa

Aplikasi YouTube Music diperkenalkan secara serentak di 7 negara Asia, salah satunya Indonesia, pada 6 November 2019.

YouTube Music ini adalah layanan musik streaming yang sekilas mirip dengan Spotify. Tak hanya berupa aplikasi, layanan ini juga bisa diakses melalui web player.

Dengan adanya YouTube Music, maka pengguna bisa mendengarkan musik secara leluasa, tak terkecuali lagu-lagu populer yang tengah hits.

Media sosial berbasis video, YouTube, mengenalkan layanan terbarunya dengan dukungan inovasi teknologi yang canggih untuk memanjakan penggunanya.

Aplikasi YouTube Music

Di dalam layanan YouTube Music terdapat berbagai lagu dan official album. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menemukan ribuan playlist yang asyik didengarkan.

Ada juga stasiun radio yang dikombinasikan dengan berbagai remix video dari YouTube. Misalnya saja, cover lagu, pentas live, dan lain sebagainya.

Lagu yang bisa didengarkan pun berasal dari penyanyi kenamaan dunia maupun Indonesia. Untuk mendengarkannya, pengguna tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis dengan dukungan iklan.

Selain versi gratis, aplikasi YouTube Music juga hadir dalam versi berbayar. Versi premium ini sangat sesuai untuk anda yang merasa terganggu dengan iklan yang muncul.

Layanan YouTube Music yang bebas iklan ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu maupun video di latar belakang.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa mendengarkan musik sekaligus menjalankan aplikasi lain. Misalnya saja, membuka sosial media, menulis pesan, dan lain sebagainya.

Saat smartphone dalam kondisi terkunci pun, layanan YouTube Music ini tetap bisa didengarkan. Semakin mengesankan karena YouTube Music juga didukung dengan fitur yang lengkap.

Adapun salah satu fiturnya yaitu download offline. Hal ini memungkinkan pengguna bisa mendengarkan musik kapan saja sesuai keinginan.

Bagi anda yang tertarik ingin berlangganan aplikasi YouTube Music versi premium, anda hanya perlu membayar Rp 49 ribu per bulan.

Disamping itu, YouTube juga menyediakan paket khusus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, keinginan, dan budget yang dimiliki.

Adapun paket khusus yang disediakan perusahaan dengan kantor pusat di Mountain View, California ini yaitu Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan.

Dengan mengambil paket khusus tersebut, pengguna bisa menambahkan sampai 6 akun. Sementara untuk harganya, paket bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 75 ribu per bulan.

Cara Mendapatkan Aplikasi YouTube Music

Bagi anda yang suka mendengarkan musik, pastikan anda tak melewatkan layanan YouTube Music. Aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan mengunduhnya di Google Play Store dan App Store.

YouTube Music bisa diunduh mulai dari tanggal 7 November 2019. Perlu diketahui, YouTube memberikan layanan istimewa khusus untuk pengguna tertentu.

Sebagai bentuk perkenalan, pengguna yang mengunduh YouTube Music pada rentang waktu 7-26 November 2019 akan mendapatkan layanan YouTube Music Premium secara gratis.

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi YouTube Music Premium tersebut selama 3 bulan. Kurun waktu yang terbilang lama untuk mendapatkan layanan berbayar namun tak perlu keluar biaya.

Perlu untuk anda ketahui, YouTube Music dikabarkan akan otomatis terpasang di smartphone yang telah mengusung Android 10.

Meski begitu, layanan YouTube Music juga bisa langsung terpasang pada smartphone yang masih menggunakan Android 9 Pie.

Langkah Google dalam memasang YouTube Music secara otomatis di smartphone pengguna dinilai memiliki tujuan untuk merajai persaingan dengan mengalahkan kompetitor-kompetitornya di layanan streaming musik.

Menurut Ruuben Van Den Heuvel selaku Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ), diluncurkannya aplikasi YouTube Music di Indonesia diharapkan bisa mendekatkannya pada pengguna.

Selama ini diketahui bahwa YouTube memang menjadi rumah atau wadah bagi budaya dan talenta musik di Indonesia.

Peluncuran YouTube Music dinilai sebagai langkah yang tepat karena ada lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia yang memanfaatkan YouTube setiap bulannya untuk menemukan musik baru maupun mendengarkan musik populer.

Fakta tersebut sebagaimana yang tertuang dalam data Google. Adanya YouTube Music memungkinkan pengguna bisa menemukan musik apa saja yang disukainya secara mudah.

Perlu diketahui, aplikasi YouTube Music sendiri sudah diluncurkan sejak November 2015. Sebelumnya, ada juga Google Play Music yang rilis pada tahun 2011. Dari tahun tersebut, ada dua layanan musik berbeda yang dijalankan Google. (R10/HR-Online)

Loading...