Aston Martin AMB 001 Tembus Rp 1,7 Miliar, Hasil Kolaborasi Dengan Brough Superior

Aston Martin AMB 001
Motor Sport Aston Martin AMB 001. Foto: Istimewa

Aston Martin AMB 001 resmi dirilis sebagai motor sport mewah pertama yang melibatkan kerjasama dengan Brough Superior.

Motor terbaru ini hadir dalam edisi terbatas karena hanya tersedia sebanyak 100 unit saja. Acara Milan Motorcycle Show 2019 pun dimanfaatkan perusahaan untuk mengenalkan AMB 001.

Perpaduan antara produsen otomotif Inggris Aston Martin dan Brough Superior Motorcycles sendiri terlihat jelas dari konsep desainnya yang retrofuturistik.

Desainnya yang unik memang digadang-gadang mampu mempresentasikan nama kedua perusahaan besar tersebut. Tak hanya itu, desainnya juga menjadi senjata dalam memikat hati pecinta otomotif.

Spesifikasi Aston Martin AMB 001

Desain yang ditunjukkan AMB 001 terkesan gahar dan sporty. Motor sport ini mengusung warna balap khas Aston Martin, yakni Stirling Green dan Lime Essence.

Ada juga warna hitam yang bisa ditemukan pada bagian rodanya. Sektor ini juga dilengkapi dengan garpu dan rem rakitan.

Tak hanya itu, motor AMB 001 juga mengedepankan konsep desain aerodinamis. Hal ini bisa dilihat di bagian depan front-end motor yang memang terlihat melengkung.

Berkat konsep desainnya tersebut, Aston Martin AMB 001 bisa semakin mudah digunakan pengendara untuk mengaspal secara cepat di jalan raya.

Jika diperhatikan, AMB 001 tampaknya terinspirasi dari mobil sport mid-engine Aston Martin yang selama ini menjadi idola pecinta otomotif.

Desain yang dibawanya semakin berkelas karena dipadukan dengan bahan pilihan yang kualitasnya bagus. Diketahui bahwa AMB 001 dibalut dengan baja yang bersifat tahan karat.

Bahan pilihan ini sama dengan Aston Martin Valkyrie yang terbukti tangguh di kelasnya. Berkat ketangguhan yang dimilikinya pun, AMB 001 bisa digunakan untuk menunjang rutinitas pengguna sehari-harinya.

Disamping itu, bagian body Aston Martin AMB 001 juga dibalut dengan serat karbon yang berat keringnya hanya 180 kg atau 396 lbs saja.

Sementara beberapa bagian lainnya dibuat dengan bahan titanium dan aluminium yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Beralih ke dapur pacunya, AMB 001 ditenagai oleh mesin 180 V V-twin turbocharged yang handal. Dengan mesin tersebut, motor AMB 001 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 134 kW (180 hp).

Performa yang diberikan semakin handal karena mesinnya didukung dengan teknologi DOHC yang memiliki kapasitas 997cc.

Bahkan ada juga dukungan 8-Valve, 88-dergree, dan Water and Oil cooled. Dengan demikian, AMB 001 bisa dikendarai dalam waktu lama dengan tenaga besar tanpa perlu takut akan overheat.

Harga Aston Martin AMB

Dari spesifikasi yang dibekalkan perusahaan untuk AMB 001 di atas, tak bisa dipungkiri bahwa motor sport ini sangat berkelas dan bisa digunakan untuk menempuh berbagai medan jalan.

Bahkan Marek Reichman selaku Wakil Presiden Eksekutif Aston Martin dan Chief Creative Officer sangat yakin bahwa AMB 001 menjadi sepeda motor terdepan.

Mengenai harganya, Aston Martin AMB 001 bisa anda dapatkan dengan harga 108.000 euro atau setara 120.000 dolar AS. Jika dirupiahkan, harganya akan berkisar Rp 1,7 miliar per unit.

Harga yang sangat fantastis mengingat spesifikasi yang dibawanya juga sangat berkelas. Dengan mengusung banderolan harga tersebut, pengiriman unit AMB 001 pertama akan dimulai akhir 2020 mendatang.

Perihal perakitannya, tak sedikit pecinta otomotif yang penasaran dengan lokasi pembuatannya, apakah di tempat Aston Martin atau Brough Superior.

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, AMB 001 memang hasil kolaborasi dari kedua perusahaan besar tersebut. Bahkan nama AMB diprediksi sebagai singkatan dari Aston Martin Brough.

Untuk diketahui, ternyata perakitan Aston Martin AMB 001 dilakukan di pabrik Brough Superior yang berlokasi di Toulouse, Prancis.

Dalam perakitannya, AMB 001 dirancang dengan jok yang nyaman dan tampilannya elegan. Bagaimana tidak karena joknya dibalut dengan warna coklat muda.

Kesan elegan semakin terlihat karena AMB 001 didukung pedal gas dengan warna senada. Karena penggunaan warna tersebut, motor ini juga terkesan modern dan menawan.

Kabar mengenai peluncuran AMB-001 sendiri pertama kali terdeteksi di Facebook. Dimana ada salah satu situs pecinta motor asal Jepang yang membicarakannya.

Diketahui bahwa situs tersebut bernama Autoby. Sejak saat itu, pecinta otomotif mulai dibuat penasaran karena selama ini Aston Martin dikenal sebagai produsen mobil sport.

Namun dengan kehadiran AMB-001 membuktikan bahwa Aston Martin juga serius dalam menekuni dunia motor balap. Bersama Aston Martin AMB 001, perusahaan besar ini siap menggebrak pasar otomotif. (R10/HR-Online)

Loading...