Atlet Hockey Ciamis Masuk Timnas SEA Games 2019, Awalnya Hanya Coba-coba

atlet hockey ciamis
Fajar Jaelani Nugraha (Acil), atlet hockey Ciamis yang kini bermain untuk Timnas Hockey Indonesia di SEA Games 2019. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Fajar Jaelani Nugraha atau biasa disapa Acil mengaku awalnya hanya coba-coba bermain hockey. Namun siapa sangka atlet hockey Ciamis ini bisa tembus Timnas Hockey Indonesia. Kini Acil bermain di ajang SEA Games 2019 di Manila Filipina.

Atlet kelahiran 27 Juni 1995 ini tercatat sebagai warga Desa/Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Acil boleh jadi berasal dari daerah, namun anak dari Arief Hapiudin dan Nia Turniasih ini membuktikan dirinya mampu berlaga di ajang hockey nasional, bahkan sampai internasional.

Kepada HR Online, Acil mengaku tak mampu bersaing jika harus bertanding sepakbola atau basket. Kedua olahraga populer itu membutuhkan atlet dengan postur tubuh tinggi atau setidaknya bisa lari cepat.

“Saya pilih Hockey, karena ya saya sadar badan saya kecil tapi suka olahraga. Kalau memilih olahraga seperti sepakbola atau basket, saya kalah saing sama yang ukuran badannya lebih besar,” kata Acil kepada HR Online, Kamis (28/11/2019).

Perkenalan Acil dengan Hockey itu terjadi saat dirinya masih duduk di SMPN 1 Baregbeg. Hockey, kata Acil merupakan olahraga yang masih langka dimainkan di Indonesia. Dia pun mencoba bermain hockey. Acil mengaku memang awalnya hanya coba-coba.

Namun, yang tidak disangka Acil saat mulai bermain Hockey, dia semakin menyukai olahraga ini. Acil mengaku begitu menikmati bermain Hockey. Semakin lama Acil pun bertekad untuk menjadi atlet hockey Ciamis yang handal.

Karena itu, saat dirinya terpilih jadi bagian Timnas Hockey untuk gelaran SEA Games 2019 di Filipina, ia ingin memberikan usaha terbaiknya untuk Indonesia. Bersama rekan-rekannya yang lain, dia bertekad bermain semaksimal mungkin.

“Alhamdulillah ya senang banget, terasa seperti beban juga sebenarnya. Saya dapat amanah bersama tim, mewakili Indonesia,” kata Acil.

Acil harus berjuang keras, lantaran dia bersama rekannya ditarget memboyong medali emas di SEA Games 2019 untuk cabang olahraga Hockey Indoor.  

Beruntung, Acil disokong keluarganya. Selama yang dilakukannya positif, keluarga tidak pernah melarangnya bermain Hockey.

TCL

Atlet Hockey Ciamis, Acil Berasal dari Keluarga Sederhana

Acil juga mengaku berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya tercatat sebagai seorang pegawai honorer, sementara ibunya hanya ibu rumah tangga.

Namun, Acil mengaku keluarga sangat mendukung dirinya menjadi atlet Hockey. Acil yang berasal dari keluarga sederhana itu ingin mengangkat nama baik keluarganya.

“Hockey sekarang jadi cita-cita saya. Saya ingin buktikan, walau saya berasal dari daerah tapi bisa bersaing dengan atlet lain yang berasal dari kota-kota besar,” jelasnya.

Saat ini, Acil tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  jurusan PJKR. Rencananya, usai gelaran SEA Games, dia ingin segera lulus dari kuliahnya, agar bisa lebih fokus mengikuti Pelatda PON. Selanjutnya Acil juga bertekad masuk Pelatnas. Selamat berjuang Acil. (Fahmi2/R7/HR-Online)

Loading...