Atlet Selam PON 2020 Inginkan Kolam Renang Standar Nasional di Ciamis

Atlet Selam PON 2020 asal ciamis
Dheya Nazhira Nur Amalina, atlet selam asal Kabupaten Ciamis yang mewakili Jabar untuk PON 2020 Papua. Foto: istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Atlet selam asal Kabupaten Ciamis yang mewakili Jawa Barat (Jabar) pada PON 2020 di Papua nanti, Dheya Nazhira Nur Amalina, berharap kepada pemerintah daerah agar ada sarana kolam renang yang memadai atau berstandar nasional.

“Harapannya ingin ada kolam renang buat latihan, jadi gak usah jauh kalau latihan. Ada kolam renang di Cikoneng itu panjangnya cuma 25 meter, jadi belum standar nasional. Dan untuk latihan harus ke Tasik,” katanya kepada HR Online belum lama ini.

Meski sarana dan prasarana belum mendukung, namun Dheya bertekad untuk terus mengukir prestasi demi membanggakan bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Ciamis H Adang Darajat, mengakui bahwa pembinaan olahraga selam kurang maksimal.

Padahal, lanjutnya, potensi atlet selam di Kabupaten Ciamis cukup banyak. “Hal itu dikarenakan tidak adanya sarana kolam renang yang sesuai dengan standar nasional,” ungkapnya.

Meski begitu, Adang sangat bersyukur, karena dengan keterbatasan sarana dan prasarana, namun ada aset dari cabang olahraga selam, yang sudah mengharumkan Ciamis di kancah provinsi sampai nasional.

“Dheya ini memiliki potensi yang sangat luar biasa. Jadi dia harus terus didukung supaya dapat berprestasi demi nama Ciamis,” ucapnya.

Sebelum dipastikan mewakili Jabar pada PON 2020 Papua nanti, Dheya sebelumnya harus mengikuti pra kualifikasi PON di Pasuruan, Jawa Timur, pada bulan Oktober 2019.

Hasil yang ditorehkan selama mengikuti pra kualifikasi tersebut, atlet selam asal Tatar Galuh ini sukses menjadi juara dua pada kelas 50 meter Bifin Putri, dengan torehan waktu 00:24:00 detik.

Prestasi Dheya, Atlet Selam Asal Ciamis

Keberhasilan dara kelahiran 9 Mei 2004 yang sejak kecil menyukai renang ini, tidak lepas dari support kedua orangtuanya, Aceng Habludin dan Desi Arisandi.

Untuk torehan prestasinya, sejak dari tingkat SD sudah menorehkan prestasi yang membanggakan, mulai dari O2SN SD, Olimpiade Krapsi tingkat nasional di Jakarta. Kemudian O2SN SMP tingkat Jawa Barat, Pekan Olahraga Daerah tahun 2018, dan prestasi lainnya.

Sementara untuk Bipin kelas 50 meter, atlet selam asal Ciamis ini sukses menyabet medali emas, dan di nomor 100 meter berhasil meraih medali perak. (Jujang/R5/HR-Online)

Loading...