BAB Sembarangan di Kebun, 20 KK di Langkaplancar Pangandaran Butuh MCK

Warga Butuh MCK
Potret salah satu keluarga di Dusun, Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran yang butuh MCK. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Dusun Mekarmulya, Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran dilaporkan butuh MCK atau tempat mandi, cuci dan kakus (MCK).

Menurut Tokoh Masyarakat Desa Bangunkarya, Entis, puluhan kepala keluarga yang berada di RT 26 RW 9 tersebut sangat butuh MCK

“Selama ini masyarakat  buang air besar (BAB) di kebun, terlebih sekarang musim kemarau. Jadi masyarakat yang biasa buang air besar di kolam, karena kolamnya pada kering, akhirnya mereka pada buang air besar di kebun,” ujarnya kepada Koran HR, Senin (11/11/2019).

Lebih mirisnya lagi, kata Entis, beberapa hari lalu sempat terjadi cekcok mulut lantaran pemilik kebun tak terima kebunnya dijadikan tempat BAB.

Melihat kondisi seperti ini, ia berharap pemerintah memberikan bantuan berupa MCK umum agar masyarakat tak lagi BAB sembarangan. Jika tidak segera dibangun ditakutkan terjadi lagi konflik antara masyarakat dan pemilik kebun.

“Dengan banyaknya masyarakt yang BAB sembarangan, maka dikhawatirkan timbul bibit penyakit yang berakibat terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Untuk itu diharapkan pemerintah secepatnya merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Ini sudah sangat mendesak,” paparnya.

Idealnya, lanjut Entis, jika terdapat sebanyak 20 KK, paling tidak harus terdapat dua titik MCK. Apabila pemerintah siap memberikan bantuan untuk wilayah tersebut, warga setempat sudah menyatakan kesiapannya memberikan tanah tanpa harus ada ganti rugi. (Enceng/Koran HR)

Loading...