Bagian Bumi yang Tidak Memiliki Kehidupan, Ilmuwan Temukan Kolam Neraka Ini

Bagian Bumi yang Tidak Memiliki Kehidupan
Danau Dallol di Ethiopia. Foto: Istimewa

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa ada bagian Bumi yang tidak memiliki kehidupan. Padahal selama ini kita tahu bahwa Bumi menjadi satu-satunya planet yang mampu menunjang kehidupan.

Temuan peneliti tersebut tentu saja mengundang rasa penasaran banyak kalangan, mulai dari ilmuwan lainnya hingga masyarakat biasa.

Adapun bagian Bumi yang dimaksud yaitu danau Dallol di Ethiopia. Sebagaimana yang dijelaskan oleh ilmuwan, pada Minggu 3 November 2019 dilakukan penelitian di lokasi ekstrem tersebut.

Para ilmuwan menyebut danau hydrothermal tersebut sebagai kolam neraka di Bumi karena sangat panas dan berbeda jauh dengan wilayah lainnya.

Studi baru ini sendiri diteliti oleh tim ilmuwan Prancis-Spanyol. Dimana Purificación Lopez Garcia, yang tak lain ahli biologi dari Pusat Penelitian Ilmiah Prancis (CNRS) menjadi pemimpinnya.

Bagian Bumi yang Tidak Memiliki Kehidupan

Sebelumnya, ada asumsi penelitian yang menyebut bahwa danau Dallol masih bisa dihuni organisme ultra mikro. Namun pendapat tersebut ditepis studi terbaru ini.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa danau ini tak bisa mendukung kehidupan. Untuk diketahui, kolam ini mengandung air yang sifatnya super masam dan sangat asin.

Selain dari segi rasa, keanehan juga bisa dilihat dari tampilannya. Lokasi Bumi yang tidak memiliki kehidupan ini tampak berwarna hijau, kuning, coklat dan orange yang terkesan tak biasa.

Jika dilihat sekilas memang sangat cantik, namun siapa saja dilarang untuk mendekatinya. Pengamatan pun hanya boleh dilakukan dari jarah jauh.

Bukan tanpa alasan. Dibalik keelokannya tersebut, ternyata danau Dallol sangatlah beracun. Hal ini dikarenakan di bawah danau ini ada gunung berapi.

Semakin berbahaya karena kolam ini juga memiliki kandungan air mendidih tepat di tengah aktivitas hidrotermal yang intens.

Berbeda dengan suhu di wilayah Bumi lainnya, kolam neraka ini memiliki suhu harian lebih dari 45 derajat Celcius. Suhu di bagian Bumi yang tidak memiliki kehidupan ini diukur saat musim dingin tiba.

Bagaimana jika musim panas? Tentu akan terasa semakin menyengat. Dengan suhu lingkungan tersebut, wilayah ini disebut sebagai salah satu kawasan paling panas yang ada di Bumi.

Asumsi ilmuwan yang menyebut danau Dallol tak bisa menunjang kehidupan ini juga dilandasi dengan penelitian ilmiah yang mendalam.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan tersebut menerapkan kombinasi teknik mikroskopik dan molekular. Penelitian ini dilakukan pada beberapa sampel yang didapat dari lingkungan Dallol.

Mengenal Lebih Dekat Bagian Bumi yang Tidak Memiliki Kehidupan

Danau Dallol tak memperlihatkan tanda-tanda kehidupan sama sekali. Bahkan organisme yang mampu bertahan di lingkungan ekstrem pun tak ditemukan dalam kolam tersebut.

Terkait fakta tersebut, para peneliti mengungkapkan bahwa sel makhluk hidup sangat mudah hancur saat berada di kolam Dallol karena kondisi lingkungannya yang memang buruk.

Hanya saja, temuan tersebut belum final. Hal ini dikarenakan peneliti belum melakukan studi secara menyeluruh. Asumsi ini hanya untuk sementara.

Berbicara mengenai danau Dallol, akan lebih baik jika mengulasnya lebih dalam. Sesuai dengan namanya, lokasi ini ditemukan di perkampungan yang bernama Dallol di Ethiopia utara.

Perkampungan ini ada di ketinggian sekitar 130 meter di bawah permukaan laut. Desa ini termasuk salah satu tempat terpencil yang ada di permukaan Bumi.

Tak hanya tersembunyi, bagian Bumi yang tidak memiliki kehidupan ini juga dianggap terpanas. Hal ini dikarenakan desa Dallol memiliki suhu tahunan rata-rata tertinggi dibanding suhu di wilayah lain yang ada di Bumi.

Dengan suhunya yang sangat tinggi, Dallol memegang rekor resmi yang tercatat antara tahun 1960 dan 1966. Hilangkan rasa penasaran anda untuk mendatangi Dallol.

Perlu untuk anda ketahui, Purificación Lopez Garcia selaku pemimpin tim juga menjelaskan bahwa danau Dallol memiliki beberapa endapan mineral yang mengandung silika melimpah.

Jika dilihat di bawah mikroskop, kandungan tersebut tampak seperti sel mikroba. Dari fakta ini, Garcia juga memperingatkan untuk selalu mengalisis apa yang terlihat dengan baik.

Adanya penemuan kolam Dallol membuktikan bahwa tak semua planet yang mengandung air bisa menunjang kehidupan. Meski selama ini kita tahu bahwa air memang menjadi kriteria kelayakhunian.

Bagian Bumi yang tidak memiliki kehidupan ini nyatanya steril meski memiliki air. Temuan ini pun sudah diterbitkan di Nature Ecology and Evolution. (R10/HR-Online)

Loading...