Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruBahaya Daun Kemadu, Si Daun Neraka yang Mematikan!

Bahaya Daun Kemadu, Si Daun Neraka yang Mematikan!

Berhati-hatilah terhadap bahaya daun kemadu yang dikenal pula sebagai daun neraka. Sebab daun ini bisa menyebabkan kematian. Daun kemadu diketahui mengandung racun berbahaya saat disentuh. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadi korbannya.

Daun kemadu atau kemado belakangan sedang populer setelah sebuah video yang ditayangkan di youtube, dishare ke berbagai media sosial. Bahkan, tak sedikit berbagai media yang mengutipnya, karena memang informasinya sangat bermanfaat.

Ciri-ciri Daun Kemadu

Sebelum mambahas bahaya daun kemadu, kenali dulu ciri-ciri dari daun tersebut. Daun kemadu (Laportea sinuata) memang termasuk jenis tanaman yang banyak ditemukan di berbagai daerah di tanah air. Tanaman ini banyak tumbuh di sekitar hutan, lereng gunung, maupun semak yang lebat.

Daun kemadu memiliki banyak nama seperti kemado, kemlando, ataupun kemlandu. Daun ini kerap dianggap sebagai daun Pulus atau daun Jelatang yang juga diketahui sangat beracun dan mematikan, namun ketiganya berbeda.

Daun Pulus yang juga populer dengan nama wood nettle atau stinging nettle termasuk dalam famili Urticaceae. Sedangkan daun Jelatang atau Jelutung masuk dalam keluarga Girardina palmata.

Sebagai tanaman yang masih berkerabat dekat, bahaya daun kemadu, daun pulus, maupun daun jelatang, diketahui sangat beracun. Karena itulah penting mengenali cirinya agar tidak terkena sengatannya.

Kemadu Tumbuh di Semak-semak

Pohon kemadu termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh menjadi pohon besar dengan diamater batangnya bisa mencapai lebih dari setengah meter. Bahkan pohon ini diketahui mampu hidup hingga bertahun-tahun.

Tanaman kemadu umumnya tumbuh di sela-sela semak dan tanaman rimbun lainnya, sehingga seperti terkesan tersembunyi. Bahaya daun kemadu ini karena mengandung racun yang menyerang tubuh manusia.

Dilihat dari bentuknya, daun kemadu bentuknya agak lebar seperti daun tembakau. Namun ciri yang sangat terlihat dari daun kemadu adalah adanya bulu atau rambut halus yang merata.

Bahaya Daun Kemadu yang Beracun

Seperti dikutip dari berbagai sumber, bulu halus yang terdapat pada daun kemadu inilah yang sangat berbahaya. Saat daun ini disentuh, maka racun yang terdapat pada bulu halus itulah yang akan menyerang tubuh.

Kabarnya, bahaya daun kemadu dari bulu sengatnya bisa disejajarkan efeknya dengan asam semut (formic acid) yang dimiliki sengat semut maupun lebah. Tubuh yang menyentuh daun itu akan terasa perih dan panas.

Kemadu Banyak Bunuh Tentara Jepang dan Belanda

Bahkan menurut informasi yang disampaikan Dodi Satria, youtuber yang membuat video tentang daun ini, daun tanaman keluarga Laportea ini kabarnya pernah membunuh banyak tentara Jepang dan Belanda saat jaman penjajahan dahulu.

Hal ini terjadi karena mereka sering menggunakan daun kemadu sebagai alas untuk tidur. Nah, luasnya area tubuh yang terkena racun kemadu inilah yang makin meningkatkan efek racunnya. Bahaya daun kemadu karena sengatannya yang langsung menusuk ke dalam tubuh.

Saat tangan menyentuh bulu daun kemadu maka efek perih dan panas akan langsung terasa. Namun racun ini bisa cepat hilang jika segera ditangani. Itupun bila tubuh yang terkena racun terbatas.

Meski begitu, bisa saja racun ini akan berdampak lama pada tubuh. Apalagi kabarnya hingga saat ini belum ada obat yang bisa digunakan untuk mengatasi racun dan bahaya daun kemadu.

Cara Mengatasi Racun Daun Kemadu

Mengutip dari keterangan Dodi Satria, cara termudah untuk mengatasi tubuh yang terkena racun kemadu adalah dengan secepatnya mengusapkan bagian tubuh yang perih pada rambut kepala.

Cara alami ini merupakan pencegahan darurat yang paling efektif untuk meredakan perih yang ditimbulkan dari bahaya daun kemadu tersebut. Selain itu, sebaiknya hindari membasuhnya dengan air. Karena justru bisa menjalar pada bagian tubuh lainnya.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi racun kemadu adalah dengan menggunakan akar pohon kemadu. Caranya dengan menumbuk akarnya hingga halus dan mengusapkannya pada tubuh yang tersengat.

Demikianlah informasi tentang bahaya daun kemadu yang semoga bisa menambah referensi dan wawasan anda. Semoga bermanfaat. (R9/HR-Online)