Bangun Jalan Pertanian Swadaya, Warga di Pangandaran Ini Berharap Bantuan Pemerintah

Jalan Pertanian Pangandaran
Para petani saat membuat badan jalan pertanian di Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran hampir tiap malam bergotongroyong membuat jalan pertanian. Bahkan hasil kerja keras yang dilakukan secara swadaya dan menggunakan alat seadanya ini sudah mencapai 2,5 kilometer.

Kepala Dusun Citarunggang, Nandang mengatakan, keinginan masyarakat untuk membangun  jalan pertanian patut diapresiasi. Sebab, warga secara sukarela mengerjakannya secara swadaya dan dilakukan setiap malam.

“Masyarakat melakukannya tiap malam agar tak mengganggu rutinitas atau pekerjaan yang biasa mereka lakukan. Bahkan mereka melakukannya sampai larut malam,” ujarnya kepada Koran HR, Senin (4/11/2019).

Jalan pertanian ini, kata Nandang, akan sangat membantu para petani dalam melaksanakan aktivitas bertaninya. Melalui upaya ini, masyarakat berharap jalan ini bisa dilewati dengan kendaraan roda 4 agar jika musim panen tiba masyarakat menjadi gampang mengangkut hasil panen dengan menggunakan kendaraan.

Lebih lanjut Nandang mengatakan, sampai hari ini masyarakat sudah bekerja selama satu bulan dan sudah menyelesaikan jalan kurang lebih 2,5 kilometer.

Sementara itu, Tokoh Pemuda setempat, Ahmad Sobari, mengatakan, selesainya badan jalan pertanian ini diharapkan membuka mata pemerintah untuk memberikan bantuan. Sebab, jalan ini dipastikan akan sangat membantu kelancaran para petani.

“Masyarakat yang mayoritas penduduknya petani sawah tentu sangat berharap jalan ini ke depan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tentu saja agar aktivitas para perani lebih mudah dalam mengelola lahan pertaniannya,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, pekerjaan ini baru sebatas membuat badan jalannya saja. Sementara untuk pengerasan dan seterusnya diharapkan adanya bantuan dari pemerintah.

“Saya berharap dengan adanya badan jalan pemerintah ke depan lebih memprioritaskan jalan pertanian ini,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)

Loading...
Loading...