Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita BanjarBawaslu Kota Banjar Programkan “Bawaslu Saba Sakola”, Ini Tujuannya

Bawaslu Kota Banjar Programkan “Bawaslu Saba Sakola”, Ini Tujuannya

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka mengajak siswa-siswi SMA melek demokrasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjar, Jawa Barat, mengadakan kegiatan “Saba Sakola”.

Kegiatan pertama Bawaslu Saba Sakola itu dilakukan di SMK Ma’arif NU Langensari, Kota Banjar, Sabtu (30/11/2019).

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman menjelaskan, sesuai dengan namanya, maka sasaran dari kegiatan tersebut adalah para pemilih pemula, yaitu siswa-siswi SMA atau sederajat.

“Maksudnya supaya mereka memahami pendidikan demokrasi dan kepemiluan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Irfan, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang didesain oleh Bawaslu Kota Banjar sekaligus pertama di Indonesia.

Irfan menambahkan, Bawaslu Saba Sekolah untuk datang ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Banjar, merupakan upaya transformasi informasi di kalangan pemilih pemula tentang demokrasi dan pemilu.

Irfan berharap, semoga ke depan dengan kegiatan tersebut, para pemilih pemula bisa memahami arti demokrasi dan menjadi pemilih yang cerdas.

Anggota Bawaslu Kota Banjar lainnya, Rudi Ilham Ginanjar menambahkan, kegiatan ini adalah upaya preventif dan pengawasi partisipatif pada pemilu nantinya.

“Bawaslu Saba Sakola ini mendesain pemilih pemula menjadi kader pemilihan yang cerdas, sekaligus upaya untuk mencegah agar pelanggaran dapat diminimalisir,” katanya.

Sementara itu, Anam Ma’ruf  (17), siswa SMK Ma’arif NU Langensari, mengapresiasi kegiatan Saba Sakola yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Banjar.

Menurut Anam, dengan adanya kegiatan ini, pihaknya dapat lebih paham tentang proses demokrasi serta sistem pelaporan, apabila terjadi pelanggaran pada pemilu.

“Dengan adanya kegiatan ini kami bisa lebih mengerti tata cara pengawasan dalam pemilu. Selain itu pastinya bisa lebih memahami bagaimana menjadi pemilih yang cerdas dan rasional,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online) 

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img