Bayam Merah, Sayuran Langka yang Kaya Manfaat

Sayuran Bayam Merah
Tanaman Bayam merah yang memiliki banyak manfaat. Foto: Muhafid/HR

Bayam Merah bagi sebagian orang kurang begitu familiar dibanding dengan bayam hijau. Bayam ini meskipun tidak jauh berbeda dengan bayam biasa, namun khasiatnya dipercaya lebih baik untuk kesehatan.

Bayam merah yang memiliki nama latin Amaranthus gangeticus ini, memiliki ciri khas pada bagian daun maupun batangnya yang berawarna ungu gelap. Bahkan ada juga yang seluruhnya bagiannya berwarna ungu gelap.

Warna merah pada bayam tersebut menurut berbagai sumber lantaran kandungan pigmen betasianin serta antosianin yang mana lebih tinggi daripada bayam yang berawarna hijau.

Sedangkan bayam yang berwarna hijau, diketahui memiliki kandungan klorofil serta betakaroten yang lebih tinggi daripada bayam merah.

Selain itu, ciri khas bayam yang memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang lebih tinggi memiliki ciri khas lebih gelap pada bagian daunnya. Ini juga bisa berlaku bagi bayam yang berwarna hijau maupun merah.

Bayam Merah Bermanfaat Bagi Kesehatan

Dilihat dari kandungan yang ada dalam bayam yang berwarna ungu gelap ini, memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat bayam merah untuk kesehatan di antaranya:

  • Mampu mengobati kanker

Kandungan za asam amino, vitamin E, magnesium, zat besi, fosfor, potasium, serta vitamin C ini bersama-sama membasmi sel kanker.

Sementara kandungan antioksidan dalam sayur ini juga memiliki peran penting dalam mencegah timbulnya kanker.

  • Sebagai obat anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam bayam ini sangat bermanfaat bagi perkembangan aliran darah yang ada dalam tubuh.

Ketika Anda rutin mengkonsumsi sayur ini bisa meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah.

  • Memperbaiki fungsi ginjal

Serat yang tinggi dalam bayam merah dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Pada bagian batang daunnya juga sangat baik untuk ginjal.

Karena itu, sayuran ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan dari berbagai racun dalam tubuh.

  • Mengendalikan kolesterol dan gula darah

Sebuah penelitian mengungkapkan bayam ini memiliki kandungan antidiabetes, antihiperlipidemik, serta antioksidan. Selain itu, kandungan tanin dan polifenol membantu menjaga kesehatan tubuh.

  • Obat disentri

Serat larut yang ada dalam bayam merah ini dapat membantu proses penyerapan air dan membersihkan saluran pada pencernaan.

Kandungan Antosianin dalam bayam ini membantu menghilanghkan bakteri yang menyebabkan disentri.

  • Obat asma

Kandungan beta-karoten dalam bayam ini sangat baik untuk mencegah terjadinya Asma. Sebab, sayuran ini membantu meningkatkan sistem pernapasan dengan membersihkan tabung bronkial,

  • Menguatkan tulang

Vitamin K dalam bayam ini sangat baik untuk kesehatan tulang, termasuk mencegah osteoporosis atau tulang rapuh.

  • Menambah kesehatan mata

Vitamin E sangat baik bagi kesehatan mata. Dalam bayam merah ini juga memiliki kandungan vitamin yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...