Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruBayam Merah untuk MPASI, Resep Sehat Bayi 6 Bulan

Bayam Merah untuk MPASI, Resep Sehat Bayi 6 Bulan

Bayam merah untuk MPASI atau Makanan Pendamping ASI (Air Susu Ibu) menjadi salah satu pilihan bagi ibu-ibu yang memiliki bayi di usia 6 bulan. Bayi saat sudah memasuki usia 6 bulan biasanya sudah siap diberikan MPASI.

Pada usia ini juga, biasanya seorang ibu dalam memberikan MPASI terkonsentrasi pada makanan olahan yang berasal dari daging.

Meski berasal dari daging yang memiliki kandungan asam folat yang berguna membantu tumbuh kembang otak serta sistem saraf bayi, namun dari sayuran seperti bayam merah untuk MPASI juga bisa menjadi pilihan.

Diketahui, bayam merah memiliki rasa sedikit manis dibanding dengan yang berwana hijau. Kandungan vitamin B di dalamnya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena itu bayam merah untuk MPASI sangat cocok buat bayi Anda.

Selain itu, beberapa jenis dari vitamin B juga terdapat dalam bayam merah, seperti Vitamin B1, B2, B3 dan B6 yang semunya berguna memperbaiki kinerja metabolisme dalam tubuh serta saraf bayi.

Manfaat Bayam merah untuk MPASI

Beberapa manfaat bayam merah bagi perkembangan bayi yang berusia 6 bulan, di antaranya seperti penjelasan berikut:

Membantu pertumbuhan bayi

Bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kalsium yang baik bagi bayi. Sementara itu, bayam merah ini membantu sekali dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Selain daripada itu, bayam merah untuk MPASI juga membantu menjadikan struktur tulang bayi menjadi lebih padat dan kuat.

Meningkatkan kekebalan

Tubuh bayi yang dalam masa perkembangan sangat rentan terkena berbagai penyakit. Untuk mencegahnya, dalam menu MPASI ini bayam merah bisa dijadikan salah satu makanan utamanya.

Apalagi Vitamin B di dalam bayam merah baik sekali untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai virus maupun penyakit.

Mempercepat penyembuhan luka

Dalam masa kembang bayi, seringkali bayi terkena sesuatu yang bisa menyakitkan dirinya sendiri. Biasanya yang tadinya hanya bisa tidur, dan berkembang bisa tengkurap hingga merangkak, bahkan berjalan.

Dalam proses ini, dalam tubuh bayi sangat membutuhkan asupan vitamin yang bisa menjaga kondisi tubuh, terutama ketika si bayi mengalami luka.

Kandungan Vitamin C dalam bayam ini sangat membantu dalam masalah ketika bayi mengalami luka.

Karena itu, bayam merah untuk MPASI sangat disarankan sekali selain memberikan asupan yang berasal dari daging.

Baik untuk pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin B dalam bayam merah merangsang pertumbuhan rambut, baik oleh bayi maupun orang dewasa.

Untuk mendapatkan bayam merah ini memang terbilang cukup sulit. Guna menyiasatinya agar Anda tidak kesulitan, sebaiknya jangan dibuang, tapi tanamlah bagian bayam ini ketika Anda sudah mendapatkannya.

Demikian beberapa manfaat bayam merah untuk MPASI bayi yang berusia 6 bulan. Agar lebih aman lagi, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk takaran yang sesuai dengan kebutuhan gizi bayi. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -