Bisa Hewan Paling Mematikan di Dunia, Ada yang Dapat Membunuh Manusia Dalam 10 Menit

Bisa Hewan Paling Mematikan di Dunia
Salah satu hewan berbisa. Foto: Istimewa

Bisa hewan paling mematikan di dunia sangat menarik untuk dikupas. Bisa itu sendiri menjadi salah satu senjata ampuh untuk melindungi dari serangan musuh.

Namun sebelum mengulas lebih dekat mengenai apa saja hewan dengan bisa mematikan tersebut, ada baiknya jika memahami dulu perbedaan bisa dan racun.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang menganggap bisa dan racun adalah hal yang sama. Padahal kedua istilah tersebut berbeda.

Bisa adalah racun yang ditularkan ke musuh melalui gigitan atau sengatan, sementara racun merupakan zat yang menyerang musuh apabila tersentuh atau dimakan.

Bisa Hewan Paling Mematikan di Dunia Box Jellyfish

Hewan berbisa memang mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati terhadapnya. Salah sedikit bisa berakibat fatal dan bahkan menyangkut nyawa.

Semakin mengerikan jika berhadapan dengan hewan yang memiliki bisa mematikan. Untuk diketahui juga bahwa ada beberapa jenis hewan yang bisanya dapat membunuh manusia kurang dari 1 jam.

Adapun salah satu bisa hewan paling mematikan di dunia tersebut yaitu bisa dari ubur-ubur kotak (box jellyfish). Hewan ini dikenal sebagai salah satu hewan paling mengancam yang ada di lautan.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam data yang didapat dari National Oceanic and Atmospheric Administration, ubur-ubur kotak mampu membunuh manusia hanya dalam kurun waktu 10 menit saja.

Saat tersengat tentakelnya, manusia harus langsung mendapatkan pertolongan dalam rentang waktu tersebut. Lebih dari itu, nyawanya tak akan tertolong.

Bisa yang dimilikinya akan membuat manusia yang tersengat menjadi berhalusinasi. Setelah itu, detak jantungnya akan berhenti.

Maka dari itu, bagi anda yang hobi menyelam menelusuri dalamnya lautan, anda harus ekstra berhati-hati dengan hewan yang satu ini.

Bisa Hewan Paling Mematikan di Dunia Lainnya

Selain ubur-ubur kotak, masih ada banyak jenis hewan berbisa lainnya yang mematikan. Lebih jelasnya, anda simak saja ulasan berikut.

King Cobra

King cobra atau yang juga dikenal dengan ular sendok raja termasuk salah satu hewan berbisa yang mampu membunuh dalam waktu singkat.

Perlu diketahui, satu gigitan ular ini mengandung bisa yang kadarnya 5 kali lipat jika dibandingkan dengan jenis ular lainnya.

Dengan bisa hewan paling mematikan di dunia tersebut, king cobra dapat membunuh manusia dewasa hanya dalam waktu 15 menit saja jika tak segera ditangani.

Tak hanya manusia, bisa king cobra juga mampu membunuh gajah berukuran besar yang ada di Afrika. Gajah tersebut hanya diberi waktu 3 jam untuk mendapatkan pertolongan.

Laba-laba Pengembara Brasil

Hewan yang satu ini juga memiliki bisa yang sangat mematikan. Jika manusia tersengat bisa laba-laba ini harus segera mendapatkan pertolongan dalam waktu 1 jam.

Saat tersengat, bisa laba-laba ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Tak butuh waktu lama, bisa yang menyebar akan membuat penderitanya menjadi lumpuh.

Disamping itu, sel kulitnya juga akan hancur dan mengalami serangan jantung. Dikarenakan sangat mengancam, anda perlu mewaspadainya.

Pastikan anda dapat membedakan mana laba-laba pengembara Brasil dengan laba-laba lainnya. Untungnya, laba-laba ini memiliki penampilan yang menakutkan, dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai pembeda.

Kalajengking Deathstalker

Sebenarnya, kalajengking ini tak menyebabkan kematian untuk orang dewasa yang sehat. Hanya saja, sengatan bisa yang menyebarkan racun dapat membunuh penderita alergi dan penyakit jantung.

Ketika terkena sengatan bisa hewan paling mematikan di dunia tersebut, manusia akan mengalami rasa sakit yang tak tertahankan. Rasa sakit ini disertai dengan kejang dan demam tinggi.

Jika terlambat untuk mendapatkan penanganan yang tepat, penderitanya akan koma dalam waktu yang tak dapat dipastikan.

Inland Taipan

Bisa paling mematikan lainnya berasal dari inland taipan. Spesies ular ini dapat ditemukan di Australia. Dikenal sebagai salah satu ular berbisa di dunia, inland taipan mampu membunuh 100 orang sekaligus.

Pertolongan medis pun hanya dapat dilakukan dalam kurun waktu 30 sampai 45 menit saja. Lebih dari itu, nyawa manusia yang tergigit tak akan tertolong.

Namun perlu dipahami bahwa ular ini hanya akan menyerang apabila diusik. Pasalnya, inland taipan termasuk ular pemalu dan lebih suka menghindari manusia. Maka dari itu, jangan coba-coba untuk mengusiknya.

Dengan mengetahui apa saja bisa hewan paling mematikan di dunia, tentunya dapat lebih berhati-hati dalam bertindak dimanapun itu. (R10/HR-Online)

Loading...