BKPSDM Ciamis Masih Menunggu Rincian Formasi CPNS 2019 dari Pusat

fORMASI CPNS
Ilustrasi CPNS. Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Meski Kabupaten Ciamis sudah ditetapkan mendapat sebanyak 277 formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), namun untuk rincian formasinya hingga saat ini belum ditentukan. Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis masih menunggu informasi dari Kementerian PAN-RB.

“Kalau untuk jumlah formasinya sudah ada informasi, yaitu sebanyak 277. Hanya rincian formasinya untuk kualifikasi lowongan bidang apa saja belum mendapat tembusan lagi. Kami juga masih menunggu informasi tersebut,” ujar Sekertaris BKPSDM Kabuapaten Ciamis, Iyus Sunardi, di ruang kerjanya, Selasa (05/11/2019).

Iyus mengatakan, sebenarnya Pemkab Ciamis sudah mengusulkan sebanyak 600 formasi CPNS. Karena memang Pemkab Ciamis tengah krisis jumlah PNS atau kekurangan sekitar 6000 PNS.

“Tapi yang diakomodir oleh Kemen PAN-RB hanya 277 formasi. Kami dari daerah hanya memiliki kewenangan mengusulkan saja dan yang menentukan adalah pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara untuk rincian formasi CPNS Kabupaten Ciamis tahun 2019, Iyus memprediksi tidak akan jauh berbeda dengan rincian formasi CPNS tahun sebelumnya. “Seperti tahun kemarin lebih banyak formasi untuk guru dan tenaga kesehatan. Mungkin untuk tahun ini juga tidak akan jauh berbeda,” ungkapnya.

Iyus mengatakan mengenai tempat pelaksanaan CPNS Kabupaten Ciamis juga belum ditentukan. Apakah akan seperti tahun kemarin lagi yang ikut bergabung di Pemkot Tasikmalaya atau bisa menyelenggarakan test secara mandiri.

“Tapi kalau Ciamis kemudian ditunjuk harus menyelenggarakan pelaksanaan test CPNS secara mandiri tentunya kami siap. Untuk sarana prasarana gedung kami sudah punya yang memadai. Hanya untuk jumlah komputer saja yang belum memadai. Kami hanya memiliki 65 komputer. Sementara berdasarkan syarat harus memiliki 100 komputer,” terangnya.

Menurut Iyus, memang masih banyak kabupaten/kota di Jawa Barat yang belum memiliki sarana lengkap hingga harus menumpang menyelenggarakan pelaksanaan CPNS di daerah lain. Untuk di wilayah Priangan Timur, kata dia, hanya Kota Tasik dan Kota Bandung saja yang sudah memiliki saran lengkap.   

Namun begitu, lanjut Iyus, apabila dengan kondisi 65 komputer Kabupaten Ciamis dipercaya untuk melaksanakan test CPNS secara mandiri, pihaknya tentu siap melaksanakan.

“Kalau seandainya peraturannya berubah dan Ciamis bisa melaksanakan test CPNS secara mandiri, tentunya kami harus siap. Namun, hal itu tergantung bagaimana kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kemen PAN-RB,” pungkasnya. (Fahmi/Koran-HR)

Loading...