BPS; Angka Kemiskinan di Ciamis Turun

Angka Kemiskinan Ciamis
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis mengatakan jumlah penduduk miskin pada tahun 2018 di Kabupaten Ciamis, terhitung sebanyak 85.720 ribu jiwa (7,22%) dibandingkan tahun 2017 yang  terhitung 96.760 jiwa (8,20%). Dengan kata lain, ada penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Ciamis.

Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Ciamis, Adih Kusnadi, membenarkan setiap tahun angka kemiskinan di Kabupaten Ciamis selalu menurun. Penurunannya hingga di angka 11.04 jiwa (0.98%) setiap tahunnya.

“Untuk persentasi sendiri kami melihat dari sisi makro keseluruhan saja,” katanya.

Adih mengungkapkan, di Jawa Barat, Kabupaten Ciamis peringkat ke-12 terkecil dari sisi persentasi penduduk miskin. Maka hal ini harus dipertahankan.

“Untuk data tahun 2019, belum ada datanya. Namun diperkirakan akan ada penurunan seperti tahun sebelumnyaa” ungkapnya.

Menurut Adih, dampak dari kemarau panjang tahun ini tidak bisa menjadi tumpuan untuk naiknya angka kemiskinan di Kabupaten Ciamis. Karena melihat beberapa petani ada yang masih melakukan panen raya pada musim kemarau tahun 2019.

“Untuk kategori petani, menurut riset sendiri, pola kecendrungan petani di kita selalu menyimpan stock berasnya. Maka untuk menyambung hidup dari hasil tani, insyalloh masih bisa diatasi,” paparnya.

Kalapun untuk para pekerja pertanian, lanjut Adih, di Kabupaten Ciamis selalu beralih profesi entah itu kerja serabutan ataupun bangunan hingga bisa menyambungkan hidupnya, tidak bergantung dalam satu bidang saja.

Adih menerangkan, memang angka pengangguran bisa dikategorikan dalam kemiskinan. N amun pengangguran di Kabupaten Ciamis aktif mencari kerja. Kalaupun itu, peran penting pemerintah daerah harus benar-benar ikut andil dalam pembukaan lapangan pekerjaan. (Fahmi/Koran HR)

Loading...